Pimpinan Relawan Siaga Kunjungi Desa Yang Terdampak Parah Erupsi Semeru

Nasional | rm.id | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 10:55
Pimpinan Relawan Siaga Kunjungi Desa Yang Terdampak Parah Erupsi Semeru

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Relawan Siaga Letjen TNI (Purn) Agus Sutomo mendatangi Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (4/1) untuk menyampaikan bantuan kepada warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Agus datang didampingi Ketua Harian DPP Relawan Siag, Mayjen TNI (Purn) Gadang Pambudi dan Ketua DPW Brawijaya Relawan Siaga Mayjen TNI (Purn) Awaludin.

Pimpinan Relawan Siaga menyampaikan bantuan berupa tas sekolah untuk anak-anak warga, dan menyumbang pembuatan kanopi, tempat wudhu, dan toilet. Selain itu, Pimpinan Relawan Siaga juga turut memberikan santunan kepada warga yang meninggal dunia.

Dalam kunjungan itu, Agus Cs juga menyambangi Posko Relawan Siaga yang berada di Desa Sumberwuluh. Agus menyemangati para Relawan Siaga yang telah bertugas sejak beberapa hari terjadinya erupsi Gunung Semeru.

Relawan Siaga akan hadir di tengah-tengah masyarakat yang mengalami kesulitan dan memberikan bantuan secara ikhlas demi kemanusiaan, ucapnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (6/1).

Sebelumnya, Relawan Siaga telah menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru berupa obat-obatan, sembako, dan kebutuhan lainnya pada Desember 2021. Relawan Siaga juga menurunkan personel dengan membentuk Satgas Bantuan Penanggulangan Bencana Erupsi Gunung Semeru dan telah bertugas sejak Desember 2021.

Puluhan warga mengungsi di Balai Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, pascaerupsi Gunung Semeru, 4 Desember 2021. Kecamatan Candipuro merupakan wilayah yang paling terdampak banjir lahar Gunung Semeru yang terjadi Kamis (16/12). Semua dusun di Desa Sumberwuluh ditetapkan sebagai zona merah.

Zona merah akibat terdampak banjir lahar Gunung Semeru ini meliputi 10 dusun, yakni Dusun Kebondeli Utara, Dusun Kebondeli Selatan, Dusun Kamar Kajang, Dusun Kamar Kajang Kuning, Dusun Krajan, Dusun Kebon Agung, Dusun Sukosari, Dusun Poncosumo, Dusun Sumberwuluh Tengah, dan Dusun Kampung Baru. [ USU ]

Artikel Asli