Kasus Hoaks Bahar Smith, Wamenag : Siapa pun Harus Bertanggung Jawab di Depan Hukum

Nasional | inewsid | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 10:43
Kasus Hoaks Bahar Smith, Wamenag : Siapa pun Harus Bertanggung Jawab di Depan Hukum

JAKARTA, iNews.id - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi meyakini Polri bekerja secara profesional dan transparan dalam mengusut kasus dugaan penyebaran berita bohong Bahar Smith. Kemenag mendukung sikap Polri yang saat ini sedang memproses kasus Bahar Smith.

"Untuk hal tersebut saya mendukung langkah penegakan hukum oleh pihak kepolisian dan saya yakin polisi bekerja secara profesional, transparan dan menjunjung tinggi asas keadilan dan praduga tidak bersalah," kata Zainut kepada awak media, Jakarta, Kamis (6/1/2022).

Menurut Zainut, Indonesia merupakan negara hukum yang pastinya mengedepankan asas pernasaan di depan hukum. Karenanya, kata Zainut, siapapun atau kalangan manapun akan diproses hukum jika memang dianggap bersalah.

"Siapa pun yang bersalah harus bertanggung jawab di depan hukum. Proses penegakkan hukum atau law enforcement yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan harus dilaksanakan demi tegaknya keadilan dan terjaminnya rasa keadilan di tengah masyarakat," ujar Zainut.

Selain menetapkan Bahar sebagai tersangka, polisi juga menetapkan status tersangka kepada TR yang berperan sebagai pengunggah video berisi kabar bohong yang disampaikan Bahar hingga menjadi viral di media sosial.

Mereka berdua resmi ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Polda Jawa Barat setelah menjalani proses pemeriksaan.

Atas perbuatannya, mereka disangka melanggar Pasal 14 Ayat 1 dan 2 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana jo Pasal 55 KUHP, dan atau Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana jo Pasal 55 KUHP, dan atau Pasal 28 Ayat 2 jo Pasal 45a UU ITE jo Pasal 55 KUHP.

Artikel Asli