BMKG Prakirakan Hujan Lebat Terjadi di 19 Provinsi

Nasional | jawapos | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 10:12
BMKG Prakirakan Hujan Lebat Terjadi di 19 Provinsi

JawaPos.com Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan pada Kamis (6/1) hujan lebat dengan curah hujan di atas 50 mm per hari turun di 19 wilayah provinsi di Indonesia.

Hujan lebat diprakirakan turun di wilayah Provinsi Aceh, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Menurut ikhtisar cuaca harian yang disiarkan di laman resmi BMKG seperti dilansir dari Antara , hujan lebat berpotensi menyebabkan banjir di wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Maluku, dan Papua.

Sementara itu, cuaca di kota-kota besar di Indonesia umumnya berawan atau hujan ringan. Menurut prakiraan cuaca BMKG, cuaca Kota Banda Aceh danSurabayaberawan pada siang hari dan cerah pada malam hari. KotaJakarta, Bengkulu, Denpasar, danTarakan,cerah berawan dari siang hingga malam. Sedangkan Kota Jogjakarta, Jambi, Mataram, dan Palembang, berawan dari siang hingga malam.

BMKG menyebut, Kota Gorontalodiprakirakan cerah berawan pada siang hari dan hujan disertai petir pada malam hari, KotaBandung, Palangka Raya, dan Manado,diprakirakan hujan ringan dari siang hingga malam, Kota Pontianakdiprakirakan hujan sedang pada siang hari dan malamnya berawan. Sedangkan Kota Samarindadiprakirakan berawan pada siang hari dan hujan pada malam hari.

Cuaca Kota Banjarmasin, Bandar Lampung, Serang, dan Kupang, menurut prakiraan BMKG, terjadi hujan ringan pada siang hari dan berawan pada malam hari, Kota Pangkal Pinang dan Tanjung Pinang hujan ringan pada siang hari dan cerah berawan pada malam hari, Kota Ambon hujan sedang pada siang hari dan hujan ringan pada malam hari. Untuk KotaTernatedan Manokwari berawan pada siang hari dan malamnya hujan ringan.

Kota Jayapuradiprakirakan cerah berawan pada siang hari dan malamnya hujan sedang, Kota Pekanbaruberawan pada siang hari dan cerah malam hari, KotaMamuju berawan pada siang hari dan malamnya hujan sedang. Untuk KotaMakassar dan Kendari hujan ringan pada siang hari dan berawan pada malam hari; serta KotaPadang dan Medan cerah berawan pada siang hari dan hujan ringan pada malam hari.

Menurut BMKG, keberadaan sirkulasi siklonik, daerahpertemuan/perlambatan kecepatan angin atau konvergensi dan pertemuan angin atau konfluensimeningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa bagian wilayah Indonesia.

Sirkulasi siklonikyang terpantau di Laut Natuna, Samudra Hindia barat daya Sumatera, dan Maluku Utara, membentuk daerah konvergensi memanjang di Laut Natuna, perairan utara Kalimantan Barat, Samudra Hindia barat daya Sumatera, dan perairan utara Halmahera, hingga Kepulauan Sangihe-Talaud.

Daerah konvergensi lain terpantau di Bangka Belitung, Laut Jawa bagian barat, dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Timur, Sulawesi bagian tengah, dan Papua bagian utara dan selatan. Sementara daerah konfluensiterpantau di Laut Cina Selatan, perairan utara Aceh, dan dari Laut Banda hingga Arafuru.

Artikel Asli