Liga 1 Bakal Uji Coba dengan Penonton, Begini Syaratnya

Liga 1 Bakal Uji Coba dengan Penonton, Begini Syaratnya

Nasional | limapagi.id | Kamis, 6 Januari 2022 - 07:52
share

LIMAPAG - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator berencana menggelar pertandingan Liga 1 musim 2021-2022 dengan penonton terbatas. Rencana LIB akan melakukannya di putaran kedua Liga 1, yang akan digelar di Bali.

Direktur Utama PT. LIB, Akhmad Hadian Lukita mengatakan, pihaknya akan membuat peraturan khusus untuk penonton atau pendukung tim dan siapapun yang bisa masuk ke dalam stadion. Nantinya peraturan tersebut akan disesuaikan dengan kebijakan pemerintah.

"Beberapa peraturan yang wajib dipatuhi contohnya penonton harus sudah melakukan tes swab antigen dengan hasil negatif dan sudah masuk dalam aplikasi PeduliLindungi. Penonton dan siapa pun yang bisa masuk ke dalam stadion, harus sudah mendapatkan vaksin dua kali. Tanpa kecuali," kata Akhmad Hadian dalam rilis yang diterima Limapagi, Rabu, 5 Januari 2022.

"Insya Allah pada pekan depan sudah ada penonton dalam pertandingan BRI Liga 1 2021/2022. Tentu dalam jumlah yang terbatas dan penerapan prokes yang ketat. Kami meminta dukungan semua pihak agar bisa patuh dan disiplin. Bagaimana pun ini merupakan hajatan kita bersama. Dibutuhkan tanggung jawab dan komitmen bersama untuk bisa memuluskannya," tambahnya.

Sebelumnya PT.LIB sudah menggelar pertandingan dengan penonton pada babak delapan besar Liga 2 2021. Saat itu, jumlah penonton dibatasi hanya 100 orang dari suporter masing-masing tim.

Saat itu tiket juga tidak dijual. Pihak LIB memberikan undangan yang diserahkan ke klub masing-masing.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Irawan mengatakan, semua ketentuan penyelenggaraan pertandingan sepak bola, akan selalu menyesuaikan dengan peraturan yang dikeluarkan pemerintah.

"Kami selalu patuh dan taat pada ketentuan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah. Termasuk dalam penyelenggaraan pertandingan sepak bola Liga 1 yang rencananya akan dihadiri oleh penonton. Detail yang akan ditentukan dalam rencana tersebut, juga menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah yang terbaru," kata Iriawan.

Pada diktum kedelapan di Inmendagri nomor 01 tahun 2022 itu dijelaskan kebijakan khusus yang mengatur rencana adanya penonton di penyelenggaraan pertandingan Liga 1. Disebutkan pada poin ke-4 bahwa akan dilakukan uji coba pertandingan Liga 1 dengan menerima penonton langsung di stadion, dengan ketentuan; (a) uji coba dilakukan pada satu pertandingan setiap minggunya, (b) jumlah penonton maksimal 25% dari kapasitas stadion atau paling banyak 5.000 orang, (c) hanya penonton dengan kategori hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk di stadion dan (d) pertandingan yang dilakukan uji coba dengan penonton ditentukan oleh PSSI dan PT LIB.

Topik Menarik