Visa Ditolak, Novak Djokovic Terancam Batal Ikut Australia Open 2022

Nasional | limapagi.id | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 08:10
Visa Ditolak, Novak Djokovic Terancam Batal Ikut Australia Open 2022

LIMAPAGI- Petenis nomor satu dunia, Novak Djokovic terancam batal ikut turnamen Austarlia Open 2022. Hal ini karena visanya untuk memasuki Australia ditolak

Djokovic sempat tertahan di bandara di Melbourne selama beberapa jam. Itu dikarekana Djokovic tidak memenuhi syarat untuk memasuki Australia.

Salah syarat yang tidak bisa dipenuhi oleh Djokovic adalah soal vaksinasi. Petenis tunggal putra tersebut enggan menyebutkan status vaksinasinya.

Petenis asal Serbia tersebut sempat mendapatkan pengecualian dari panitia soal status vaksinasi tersebut dan bisa bermain di Australia Terbuka. Namun, Perdana Menteri Australia, Scott Morrisson mengatakan, tidak ada pengecualian bagi siapapun soal aturan vaksin tersebut.

"Aturan adalah aturan, terutama ketika datang ke perbatasan kita. Tidak ada yang kebal dengan aturan ini," kata Morrison.

Pasukan Perbatasan Australia mengatakan, Djokovic gagal memberikan bukti soal vaksinasi, sesuai syarat untuk memasuki negara tersebut. Hal ini kemudian berakibat dibatalkan visanya.

"Non-warga negara yang tidak memiliki visa masuk yang sah atau yang visanya dibatalkan aka ditahan dan dideportasi dari Australia," katanya dikutip dari BBC.

Ayah Djokovic, Srdjan Djokovic memberikan tanggapan soal anaknya yang sempat ditahan di bandara. Srdjan mengatakan, anaknya berada di ruangan yang dijaga oleh polisi.

"Ini bukan pertarungan untuk Novak. Tapi pertarungan untuk seluruh dunia," kata Srdjan.

Turnamen Australia Open 2022 akan dimainkan pada 17-30 Januari 2022. Djokovic merupakan juara bertahan di salah satu turnamen Grand Slam ini.

Artikel Asli