Doa-Doa Agar Dimudahkan Rezeki dan Segala Urusan

Doa-Doa Agar Dimudahkan Rezeki dan Segala Urusan

Nasional | jatimtimes.com | Kamis, 6 Januari 2022 - 08:28
share

JATIMTIMES - Membaca doa agar dimudahkan rezeki dan segala urusan telah menjadi kebiasaan umat muslim sebelum menghadapi perkara tertentu atau memulai aktivitas tertentu. Sebagaimana disebutkan dalam salah 1 firman-Nya, Allah SWT menyukai orang-orang yang berdoa dan selalu memohon kepada-Nya.

Agar bisa mendapat kemudahan rezeki dan segala urusan, telah banyak dicontohkan Rasulullah SAW dalam haditsnya maupun secara gamblang diterangkan dalam ayat-ayat Alquran.

Berikut bacaan lengkap doa dimudahkan rezeki dan urusan dilengkapi bahasa Arab, latin, dan artinya:

1. Doa dimudahkan rezeki sebelum beraktivitas

Diriwayatkan dari Abu Hurairah dalam hadits Abu Dawud, setiap paginya Rasulullah SAW membaca sebuah doa. Bacaan doa yang sering dipanjatkan Rasulullah SAW pagi hari yakni sebagai beikut:

"Allhumma bika ashbahn, wa bika amsain, wa bika nahy, wa bika namtu, wa ilaikan nusyru."

Artinya: "Ya Allah, denganMu aku berpagi hari, denganMu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, denganMu kami mati. Hanya kepadaMu (kami) kembali," (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

2. Doa dimudahkan rezeki di pagi hari

"Allahmumma inni ashbahtu usyhiduka wa usyhidu hamalata \'arsyika wa mala\'ikatika wa jami\'a khalqika annaka antallahu lailaha illa anta wa anna Muhammadan \'abduka wa rasuluka."

Artinya: "Ya Allah, aku berada di waktu pagi bersaksi atas-Mu, dan kepada para pembawa Arsy-Mu, kepada semua malaikat, dan kepada semua mahkluk-Mu, bahwa Engkau adalah Allah yang tidak ada Tuhan selain Engkau, dan Muhammad adalah hamba dan Rasul-Mu," (HR Abu Daud).

3. Doa dimudahkan rezeki yang luas

"Allaahumma innii as\'aluka an tarzuqanii rizqan waasi\'an thayyiban min ghairi ta\'abin, innaka a\'laa kulli sya\'in qadiirun."

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk berkenan memberiku rezeki yang luas serta baik, tanpa payah. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu,"

4. Doa dimudahkan rezeki yang halal

"Allaahumma yaa ghaniyyu yaa hamiidu yaa mubdi\'u yaa mu\'iidu yaa fa\'aalun limaa yuriidu, yaa rahiimu yaa waduudu, aghninii bi halaaika \'an haraamika wa bithaa\'atika \'an ma\'shiyatika wa bi fadhlika \'amman siwaaka."

Artinya: "Ya Allah, wahai Yang Maha Kaya, wahai Yang Maha Terpuji, wahai Yang Memulai, wahai Yang Mengembalikan, wahai Yang membuat segala yang dikehendaki, wahai Pemberi rahmat, wahai Yang Maha Penyayang, wahai Yang Maha Pengasih. Mudah-mudahan Engkau berkenan mencukupiku dengan kehalalan-Mu dari keharaman-Mu, dengan taat kepada-Mu dari maksiat kepada-Mu, dan dengan anugerah-Mu dari orang-orang yang selain Engkau."

5. Doa dimudahkan rezeki dan ilmu yang bermanfaat

"Allaahumma inii as-aluka rizqan thayyiban wa \'ilman naafi\'an wa \'amalan mutaqabbalan."

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu rezeki yang baik, ilmu yang bermanfaat, dan amal yang diterima," (HR Al Mustaghfiri).

Doa Dimudahkan Segala Urusan

1. Doa dimudahkan segala urusan dan memohon pertolongan


"Ya hayyu ya qayyumu birahmatika astaghitsu, ashlih li sya\'ni kullahu wala takilni ila nafsi tharfata \'ainin abadan."

Artinya: "Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmatMu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata tanpa mendapat pertolongan dariMu selamanya." (HR Tirmidzi).

2. Doa dimudahkan urusan dunia dan akhirat

"Allaahummalthuf bii fii taisiiri kulli \'asiirin, fa inna taisiira kulli \'asiirin \'alaika yasiir, as \'alukal yusra wal mu\'aafaata fid dun-yaa wal aakhirati."

Artinya: "Ya Allah, berilah taufik, kebajikan, atau kelembutan kepadaku dalam hal kemudahan pada setiap kesulitan, karena sesungguhnya kemudahan pada setiap yang sulit adalah mudah bagiMu, dan aku mohon kemudahan serta perlindungan di dunia dan di akhirat," (HR Thabrani).

3. Doa dimudahkan urusan sebelum memulai sesuatu

(25)
(26)
(27)
(28)

"Robbisyroh lii shodrii, wa yassir lii amrii, wahlul \'uqdatam mil lisaanii, yafqohu qoulii."

Artinya: "Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku," (QS Taha: 25-28).

4. Doa dimudahkan urusan dan jalan yang lurus

"Robbanaa aatinaa minladunka rohmataw wahayya lanaa min amrinaa rosyada."

Artinya: "Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami," (Q.S Al Kahfi 10).

5. Doa dimudahkan urusan dan dihindarkan beban yang berat

"Robbanaa laa tuaa khidznaa innasiinaa au akhtho\'na, robbanaa walaa tahmil \'alainaa ishran kamaa hamaltahuu \'ala al ladziina min qoblinaa, robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanabih, wa\' fuanna waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa \'ala al qaumilkaafiriin."

Artinya: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau salah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kamu memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkau penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir," (QS Al Baqarah 286).

Topik Menarik