Nekat Berangkatkan 84 Orang Tim Advance Umroh, DPR Sentil AMPHURI

Nasional | rm.id | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 07:19
Nekat Berangkatkan 84 Orang Tim Advance Umroh, DPR Sentil AMPHURI

Anggota Komisi VIII DPR Muhammad Fauzan Nurhuda Yusro menyesalkan langkah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan UmrohIndonesia (AMPHURI), yang nekat memberangkatkan 84 orang tim advance umroh.

Dia pun mendukung langkah Kementerian Agama (Kemenag), yang telah menegur AMPHURI karena melanggar ketentuan pemerintah.

"Sudah benar harus ditegur. Karena mereka melanggar ketentuan yang disepakati dalam rapat Asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).dengan Kemenag, untuk menindaklanjuti arahan Presiden tentang penundaan keberangkatan umroh," kata Nurhuda di Jakarta, Rabu (6/1).

Awalnya, anggota tim yang disepakati berangkatumroh sekaligus mempelajari pelaksanaan umroh pada masa pandemi, hanya 25 orang. Namun, pada tanggal 30 Desember 2021 bertambah menjadi 84 orang.

"Seharusnya,AMPHURItidak membuat keputusan sepihak dengan memberangkatkan tim advance pada tanggal 30 Desember," sesalNurhuda.

Politisi PKB ini memaklumi kekecewaan masyarakat terkait penundaan pemberangkatan umroh pada tanggal 23 Desember.

Namun, ia meminta masyarakat tetap mematuhi keputusan pemerintah karena saat ini semua elemen bangsa sedang bekerja keras agar Indonesia keluar dari pandemi Covid-19.

"Penundaan pemberangkatan jemaah umroh merupakan bagian dari langkah penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia, dampak dari munculnya varian Omicron. Demi keselamatan dan kesehatan masyarakat. Maka, harus dipatuhi," tegasnya.

Nurhuda berharap kejadian tersebut tidak terulang kembali. Apalagi, sampaimenjadi cerminan buruk bagi masyarakat. [UMM]

Artikel Asli