Hasil PCR 1.300 Guru Nihil Kasus Covid-19

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 06:35
Hasil PCR 1.300 Guru Nihil Kasus Covid-19

TANGERANG - Wali Kota Tangerang, Banten, Arief R Wismansyah mengungkapkan hasil surveilans berupa tes swab PCR kepada 1.300 stekholder pendidikan yang dilaksanakan Dinas Pendidikan tak ditemukan kasus positif Covid-19.

"Awal pekan ini sudah dilakukan tes PCR kepada warga sekolah mulai dari guru, staf, kepala sekolah dan lainnya sebagai upaya mitigasi dini penyebaran Covid-19 usai libur natal dan tahun baru. Hasilnya tak ditemukan kasus positif," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah usai meninjau kegiatan surveilans di Karawaci, Rabu (5/1).

Ia mengatakan kegiatan tes PCR akan terus dilakukan sebagai upaya dalam mitigasi dini dan mencari kasus baru Covid-19. Pasalnya, saat ini sedang berupaya dalam antisipasi kasus omicron.

Maka itu Pemkot Tangerang telah memberikan imbauan kepada Dinas Pendidikan untuk diteruskan kepada pihak sekolah agar mengaktifkan peran Satgas setiap kelas. Sebab saat ini pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) sudah dilaksanakan 100 persen di setiap kelas, sehingga perlu kedisiplinan bersama dalam antisipasi kasus baru.

"Tetap jaga prokes dan saling mengingatkan agar kasus baru tak muncul. Begitu juga kegiatan belajar siswa dapat berjalan lancar dan tanpa adanya gangguan," harap Arief.

Kepala Dinas Pendidikan Jamaluddin mengatakan pihaknya sudah melakukan sosialisasi mengenai pelaksanaan PTM dengan kapasitas ruang kelas 100 persen.

Dirinya akan melakukan pengawasan melalui UPT secara periodik dalam memastikan penerapan prokes. Begitu juga dengan aturan selama pelaksanaan PTM berlangsung seperti tak diizinkan siswa makan di luar sekolah.

Sebagai informasi, Pemkot Tangerang sejak tanggal 21 sampai tanggal 30 Desember 2021 telah melakukan tes surveilans aktif, sudah sekitar 4.531 orang yang sudah melakukan tes dan hasilnya negatif yang dilakukan di beberapa tempat fasilitas publik maupun di fasilitas kesehatan.

Siapkan Penanganan

Dinas Kesehatan Kota Tangerang saat ini juga sedang berkoordinasi dengan Angkasa Pura II untuk melakukan penelusuran terhadap dua pegawai di Bandara Soekarno - Hatta Tangerang Banten yang diketahui positif Covid-19 karena tinggal di wilayah Kota Tangerang.

"Kita dapat informasi dua pegawai yang bekerja di Bandara Soetta dan tinggal di Kota Tangerang terkonfirmasi positif Covid-19. Kini Dinkes sedang berkoordinasi dengan pihak Bandara untuk melakukan penelusuran," kata Arief R Wismansyah di Karawaci, Rabu.

Arief belum mengetahui jenis kasus Covid-19 yang dialami kedua pegawai Bandara Soetta tersebut. "Belum tau itu jenis Omicorn atau Delta. Intinya, positif Covid-19," kata dia.

Kasus itu berdampak pada kluster keluarga yang berjumlah empat orang. Namun, untuk satu pegawai lagi yang merupakan dari Avsec sekarang diisolasi. "Kita sedang kumpulkan data untuk penelusuran," ujarnya.

Kegiatan itu dilakukan untuk mencegah penyebaran kasus lebih luas lagi. Dinkes tengah menyiapkan penanganan lebih awal agar penyebaran dapat diantisipasi.

Wali Kota pun mengimbau kepada masyarakat untuk tetap beraktivitas seperti biasa, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan. Jika menemukan adanya gejala maka bisa melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat.

Artikel Asli