Mahasiswa UNY: Ekstrak Lengkuas Bisa Basmi Nyamuk Aedes Aegypti

Nasional | republika | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 05:51
Mahasiswa UNY: Ekstrak Lengkuas Bisa Basmi Nyamuk Aedes Aegypti

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- M ahasiswa FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) meneliti penggunaan ekstrak rimpang lengkuas sebagai bioreduktor membasmi nyamuk Deman BerdarahDengue (DBD). Yasinta Dwi Salsabila (Prodi Pendidikan Kimia), salah satu anggota tim peneliti mengatakan,lengkuas merupakan herbal rhizomatous yang kokoh membentuk rumpun mencapai tiga meter.

"Senyawa aktif yang ditemukan di tumbuhan ini ada saponin, terpenoid, fenolat, flavonoid, karbohidrat, alkaloid, glikosida, fitosterol dan minyak atsiri," kata Yasinta, Rabu (5/1). Kandungan flavonoid lengkuas memiliki nilai konsentrasi dapat membunuh 50 persen larva Aedes aegypti atau LC 29,8 ppm.

Anggota tim peneliti lainnya, Mia Luvita Sari (Prodi Pendidikan Kimia), menambahkan larvasida nabati dari bahan alam yang beracun ke serangga tidak berdampak negatif ke lingkungan dan manusia.

Larvasida alami dapat ditemukan dari tumbuhan mengandung senyawa aktif seperti golongan sianida, saponin, tannin, flavonoid, alkaloid, steroid dan minyak atsiri. Larvasida sendiri dapat diartikan sebagai golongan dari pestisida.

"Yang dapat membunuh serangga belum dewasa atau pembunuh larva," ujar Mia.

Intan Tri Wahyuni (Prodi Pendidikan Biologi) dan Intan Damayanti (Prodi Fisika) menjelaskan, penelitian luring dilakukan di Lab Penelitian III Kimia FMIPA UNY Itu untuk pembuatan ekstrak, sintesis hijau nanopartikel bimetalik Cu/Ni, pembuatan larvasida dan karakterisasi nanopartikel bimetalik dengan UV-Vis.

Uji aktivitas larvasida di Lab Parasitologi UGM dan uji PSA di Lab Terpadu FMIPA UNY. Alat yang digunakan ada baskom, nampan, pisau, timbangan, gelas ukur 1000 mililiter, gelas kimia 1000 mililiter, panci, kertas saring Whattman nomor satu.

Artikel Asli