Tidak Dipecat, STY Dikontrak sampai Desember 2023

Nasional | jawapos | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 05:48
Tidak Dipecat, STY Dikontrak sampai Desember 2023

KEKALAHAN timnas Indonesia dari Thailand di final Piala AFF 2020 rupanya tak luput dari berita menyesatkan. Kabar keliru itu beredar melalui YouTube dan berkaitan dengan pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) yang disebut-sebut resmi dipecat oleh PSSI.

PSSI Resmi Pecat Shin Tae Yong | Ervan Sander, bunyi judul video dari kanal YouTube Osawa Dave Lee pada 2 Januari 2022. Kanal tersebut juga disertai thumbnail gambar yang bertulisan STY PAMIT (bit.ly/PSSIPecatSTY).

Saat dikunjungi, video dengan durasi 3 menit 3 detik itu tak satu pun memperdengarkan pernyataan resmi tentang pemecatan tersebut. Hanya menunjukkan cuplikan STY saat press conference, cuplikan pertandingan timnas, dan sesekali memperlihatkan pelatih timnas sebelumnya, Luis Milla.

Jawapos.com sempat mengulas nasib STY di tengah timnas menelan pil pahit dari Thailand. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengaku tidak kecewa atas kekalahan itu. Target STY sebenarnya lolos semifinal. Namun, sebagai ketua umum PSSI, saya ingin timnas lolos ke final. Anak-anak harus diberi target tinggi supaya semangatnya terpacu, ujarnya. Iwan Bule (sapaan Iriawan) memastikan bahwa posisi STY aman. STY dikontrak dengan durasi empat tahun. Anda dapat membacanya di bit.ly/STYAman.

Jawa PosTV juga menyiarkan wawancara eksklusif dengan STY tadi malam (4/1). Pada saat itu STY menyebutkan bahwa kontraknya bersama PSSI sampai Desember 2023. Jadi masih dua tahun lagi. Dan selama itu saya harus bisa menunjukkan progres positif untuk sepak bola Indonesia, katanya kepada wartawan Jawa Pos Ali Mahrus yang mewawancarainya.

STY sendiri memilih tak ambil pusing soal kekalahan dari Thailand. Pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu fokus menyiapkan road map 2022. Sebab, Indonesia dijadwalkan mengikuti beberapa turnamen sepanjang 2022, yaitu Piala AFF U-23 pada 1426 Februari 2022, SEA Games 2021 pada Mei 2022, dan kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni 2022. Anda dapat membaca berita jawapos.com itu di bit.ly/Fokus2022.

FAKTA

Tidak ada kabar resmi dari PSSI atas pemecatan Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas. STY telah menandatangani kontrak dengan PSSI hingga Desember 2023.

Artikel Asli