Polda Aceh Mulai Vaksinasi Covid-19 untuk Anak-anak

Nasional | republika | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 03:35
Polda Aceh Mulai Vaksinasi Covid-19 untuk Anak-anak

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Kepolisian Daerah (Polda) Aceh mulai melaksanakan vaksinasiCOVID-19 untuk anak-anak guna mewujudkan kekebalan komunal dari penularan virus coronajenis baru itu di daerah setempat.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy mengatakan vaksinasi COVID-19 perdana dipusatkan di Kantor Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh di Banda Aceh. "Vaksinasi vaksin COVID-19 untuk anak-anak diawali dengan peluncuran di Jakarta yang dihadiri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Setelah itu dilakukan vaksinasi secara serentak," kata dia, Rabu (5/1/2022).

Ia mengatakan vaksinasi untuk anak-anak dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden RI terkait dengan perkembangan pandemi COVID-19, termasuk penyebaran varian Omicron yang saat ini sudah masuk Indonesia.

Vaksinasi COVID-19 untuk anak-anak di Kantor Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh, kata dia, diikuti 140 peserta terdiri atas kelompok anak-anak usia 6-11 tahun dan 12-17 tahun, serta masyarakat umum. Sebanyak 24 di antara 140 peserta vaksinasi tersebut, untuk dosis pertama dengan vaksin Moderna, sedangkan 46 orang dosis pertama dengan vaksin Sinovac, dan tujuh orang dosis pertama dengan vaksin Pfizer.

Selain itu, 55 orang dosis kedua dengan rincian 38 orang divaksin Sinovac, enam orang dengan vaksin Moderna, dan 11 orang vaksin Pfizer, sedangkan delapan orang lainnya ditunda vaksinasinya karena alasan medis.

Kombes Winardy mengatakan vaksinasi anak tersebut dilakukan untuk mempercepat terwujudnyakekebalan kelompok dari penularanCOVID-19. "Vaksinasi ini dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak-anak terhadap COVID-19, sehingga mencegah dampak berat jika terpapar demam virus corona tersebut," kata dia.

Artikel Asli