Pemkot Tangerang Waspada Penyebaran Omicron dari Pegawai Bandara

Nasional | republika | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 02:38
Pemkot Tangerang Waspada Penyebaran Omicron dari Pegawai Bandara

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG Pihak Bandara Soekarno-Hatta menyampaikan adanya satu pegawai berdomisili di Kota Tangerang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Meski belum diketahui varian Covid-19 yang dialami oleh pegawai tersebut, Pemerintah Kota Tangerang melakukan sejumlah upaya antisipasi jika terbukti Omicron.

Pemkot Tangerang bersama dengan pihak Bandara Soekarno-Hatta melakukan rapat koordinasi mengenai masalah tersebut pada Rabu (5/1/2022). Dalam rapat tersebut, mereka membahas ihwal upaya memutus penyebaran Covid-19, terutama adanya kekhawatiran varian Omicron.

"Kegiatan skrining ini kita lakukan sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19. Dan pada saat pengecekan kami menemukan satu pegawai yang berdomisili di Kota Tangerang. Mendengar informasi tersebut, respons Pemkot Tangerang sangat cepat, hingga akhirnya kami adakan pertemuan ini," ujar Kepala KKP Darmawali Handoko dalam keterangannya.

Menurut penuturan Darmawali, pegawai yang terkonfirmasi Covid-19 tersebut merupakan karyawan keamanan di Bandara Soekarno-Hatta berjenis kelamin perempuan.

Namun, belum dipastikan varian Covid-19 yang dialami olehnya. Hingga saat ini, masih dilakukan upaya penelusuran dan pengumpulan informasi untuk memastikan kasus tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni mengklaim belum didapati adanya kasus Omicron yang masuk di Kota Tangerang. "Sampai saat ini kita belum ada kasus Omicron yang masuk karena sampel harus dikirim ke Litbangkes dan masih menunggu hasilnya, mudah-mudahan tidak ditemui kasus Omicron," kata dia.

Dini mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak Satgas Covid-19 Bandara Soekarno-Hatta ihwal antisipasi penyebaran kasus Covid-19, terutama Omicron. Sehingga, apabila ditemukan kasus terkonfirmasi Omicron, dapat segera dilakukan tracing untuk memutus mata rantai penyebaran lokal.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 bandara. Apabila ditemukan kasus terkonfirmasi Omicron dari penduduk atau warga berdomisili di Kota Tangerang dapat segera menghubungi kami, sehingga tracing dapat segera dilakukan untuk pencegahan penyebaran transmisi lokal, jelasnya.

Dini menuturkan, pihaknya telah menyiapkan rumah isolasi terkonsentrasi (RIT) serta rumah sakit sebagai fasilitas kesehatan jika nantinya ditemukan kasus.

Artikel Asli