Bacaan surat An Nasr, beserta arti dan keutamaannya

Bacaan surat An Nasr, beserta arti dan keutamaannya

Nasional | brilio.net | Kamis, 6 Januari 2022 - 02:02
share

Brilio.net - Ada banyak sekali surat dalam Alquran yang kerap dilafalkan saat ibadah sholat. Satu diantaranya adalah surat An Nasr. Surat ini merupakan salah satu surah terpendek dalam Alquran. Sebab, surat An Nasr hanya terdiri dari 3 ayat.

Surah An Nasr berada di urutan ke-110 dalam Alquran. Arti dari surat An Nasr yaitu, \'pertolongan\'. Kata An Nasr diambil dari ayat pertama surah tersebut. Surat ini tergolong ke dalam surat Madaniyah, karena turun setelah Rasulullah SAW hijrah ke Madinah.

Surat An Nasr terletak di antara Surah Al Kafirun dan Al Lahab. Dalam surat ini menceritakan tentang janji bahwa Allah akan datang dan Islam akan memperoleh kemenangan. Selain itu, isi dalam surat An Nasr ini juga menyerukan bagi kaum muslim untuk selalu bertaubat atas kesalahan yang telah diperbuat semasa hidup.

Nah, bagi kamu yang sedang mempelajari surat An Nasr beserta keutamaannya, berikut brilio.net sajikan bacaan surat An Nasr. Lengkap dengan arti dan keutamaannya, dihimpun dari litequran.net dan berbagai sumber pada Kamis (6/1).

Bacaan surat An Nasr bahasa Arab, latin dan artinya.

1. foto: litequran.net

Ia ja`a nasrullhi wal-fath.
Artinya: "Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan,

2. foto: litequran.net

Wa ra-aitan naasa yadkhuluuna fii diinil laahi afwajah.
Artinya: dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah,

3. foto: litequran.net

Fasabbih bihamdi rabbika was taghfir, innahu kana tawwaba.
Artinya: maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampunan kepada-Nya. Sungguh, Dia Maha Penerima tobat."

Keutamaan surat An Nasr.

1. Mendapatkan kabar gembira dan pertolongan dari Allah SWT.

foto: freepik.com

Surat An Nasr termasuk dalam Al Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. Sehingga beliau memiliki keutamaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya. Surat An Nasr mengisahkan tentang janji Allah bahwa pertolongan Allah akan datang dan Islam akan mendapat kemenangan. Tuhan pun memerintahkan umat-Nya agar bertasbih, memuji-Nya, dan meminta ampunan kepada-Nya saat terjadi peristiwa yang menggembirakan.

2. Berbondong-bondong masuk Islam.

foto: freepik.com

Keutamaan surah An Nasr berikutnya yaitu selepas peristiwa Fathu Mekkah, banyak orang berbondong-bondong memeluk agama Islam. Hal tersebut terbukti hingga saat ini bahwa Islam adalah agama yang jumlah pemeluknya sangat besar.

3. Mendapat pahala seperti orang syahid.

foto: freepik.com

Dengan membaca surat An Nasr, umat Islam akan mendapat pahala seperti orang yang syahid bersama Nabi di hari fathul Makkah. Hal ini sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW,

Barangsiapa yang membaca surat ini, maka ia akan diberi pahala seperti pahala orang yang syahid bersama Nabi pada hari fathul Makkah, dan barangsiapa yang membacanya dalam sholat dan membacanya setelah al-hamdul, maka sholatnya akan diterima dengan sebaik-baiknya penerimaan.

4. Sebagai bukti kebenaran Alquran.

foto: freepik.com

Keutamaan lainnya yaitu surat An Nasr sebagai bukti bahwa yang dikatakan di dalam Alquran itu benar-benar menjadi kenyataan. Dengan adanya peristiwa Fathu Mekkah serta banyaknya orang-orang yang memeluk agama Islam.

5. Dapat masuk surganya Allah SWT.

foto: unsplash.com

Kemudian keutamaan membaca surat An Nasr lainnya yaitu dapat dimasukkan ke surga Allah, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda,

"Siapa yang membacanya maka seolah-olah dia bersama Rasulullah pada saat pembukaan kota Mekkah."

6. Seperti membaca seperempat Alquran.

foto: freepik.com

Keutamaan membaca surat An Nasr yang terkahir yaitu siapa saja yang membaca surat An Nasr setiap hari maka ia seperti membaca seperempat Alquran. Hal tersebut juga tercantum dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, sebagai berikut.

"Surat Idza jaa nashrullahi wal fat-hu sama dengan seperempat Alquran." - HR. Tirmidzi


Topik Menarik