Profil Wakil Jaksa Agung Sunarta

Nasional | sindonews | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 00:45
Profil Wakil Jaksa Agung Sunarta

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat Sunarta sebagai Wakil Jaksa Agung menggantikan Setia Untung Arimuladi. Sebelum menjabat sebagai Wakil Jaksa Agung, Sunarta menduduki jabatan sebagai Agung Muda Bidang Intelijen (Jamintel) Kejaksaan Agung (Kejagung).

Pengangkatan tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia No 180/TPA Tahun 2001 Tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Madya di Lingkungan Kejaksaan Agung. Kepres tersebut ditetapkan Presiden Jokowi pada 31 Desember 2021.

"Memberhentikan dengan hormat dari jabatannya masing-masing, Setia Untung Arimuladi sebagai Wakil Jaksa Agung, terhitung mulai 1 Januari 2022," bunyi Keppres yang diterima SINDOnews, Rabu (5/1/2022).

Selama mengabdikan dirinya di Korps Adhyaksa, pria kelahiran 12 Juni 1964 ini telah menduduki sejumlah jabatan strategis di antaranya, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Singkawang pada 1994, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Karawang, Kasi Wilayah II Dir Uhek pada Jampidsus. Sunarta juga beberapa kali menjabat sebagai kepala kejaksaan negeri (Kejari) di antaranya Kepala Kejaksaan Negeri Padang Panjang, Kepala Kejaksaan Negeri Banyuwangi, dan Kepala Kejaksaan Negeri Palembang.

Termasuk menduduki jabatan sebagai Asisten Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Bengkulu, Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah pada 2012. Selanjutnya, pada 2014 Sunarta diangkat menjadi Kasubdit pada Jamintel, kemudian Koordinator Pidum Kejaksaan Agung, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, Kepala Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur, Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur pada 2018.

Pada 2019, Sunarta yang meraih gelar sarjana hukum dari Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (Unpad) ini kemudian diangkat menjadi Sekretaris Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen, kemudian Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum (Jampidum) sejak 28 Februari hingga 30 Juli 2020.

Setelah beberapa bulan menjabat sebagai Jampidum, Sunarta yang meraih gelar doktor dari Universitas Pasundan, kemudian diangkat menjadi Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen pada 2020, sebelum akhirnya kini diangkat sebagai wakil jaksa agung.

Artikel Asli