Mardani Ali Sera: Wajar Orang Pintar Indonesia Cari Ekosistem Riset ke Luar Negeri

Mardani Ali Sera: Wajar Orang Pintar Indonesia Cari Ekosistem Riset ke Luar Negeri

Nasional | rmol.id | Selasa, 4 Januari 2022 - 11:22
share

RMOL. Manajemen pemerintah yang amburadul terlihat dari peleburan Lembaga Biomolekuler Eijkman ke Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Di mana ratusan peneliti berpamitan lantaran diberhentikan dari pekerjaannya.

Pegawai yang berstatus non-PNS terancam kehilangan pekerjaan. Mengingat banyak syarat berliku yang perlu dipenuhi jika mau memindahkan karier sebagai peneliti biologi molekuler ke BRIN, ujar Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera kepada wartawan, Selasa (4/1).

Menurutnya, lima pilihan dari BRIN kepada tenaga-tenaga di Eijkman belum cukup mengakomodir semua. Sebab, memang ada unsur ketidakadilan yang dirasakan mereka di sana.

Mardani menjelaskan, bagi mereka yang hanya ingin berbakti kepada negeri melalui penelitiannya, didepak dari lembaga yang sudah jadi rumah merupakan hal yang membingungkan.

Jadi wajar jika publik melihat hal ini sebagai salah satu penyebab banyak orang pintar Indonesia yang mencari ekosistem riset yang lebih baik di luar negeri, tegasnya.

Mardani mendesak pemerintah dan BRIN untuk segera menyelesaikan carut marut reorganisasi ini. Jangan sampai jadi menghambat tujuan untuk membangun ekosistem riset yang mendukung pengembangan perekonomian berbasis pengetahuan. []

Topik Menarik