Mengambil Kembali Uang Sedekah, Bolehkah?

Mengambil Kembali Uang Sedekah, Bolehkah?

Nasional | republika | Selasa, 4 Januari 2022 - 04:08
share

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Apakah boleh mengambil kembali sedekah yang telah diberikan misalkan infak ke masjid. Melansir laman aboutislam.net , Senin (3/1), Profesor Keuangan dan Ekonomi Islam di Fakultas Studi Islam Qatar Monzer Kahf menjelaskan bahwa beramal memiliki pahal yang besar seperti disebutkan dalam surat Al-Hadid ayat 18:

Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.

Selain itu beramal secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi juga mendapat pahala yang tidak berbeda, seperti dalam Al Baqarah ayat 274:

Orang-orang yang menginfakkan hartanya malam dan siang hari (secara) sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.

Bahkan menurut Porf Kahf, tidak mengapa mengambil kembali sedekah sebelum diserahkan kepada fakir miskin. Namun, begitu sumbangan atau hadiah diserahkan kepada penerimanya, itu tidak dapat ditarik kembali oleh pemberinya.

Topik Menarik