Kongres Pemuda Asia-Afrika: AUKUS Penting Untuk Imbangi Agresifitas China di Indo-Pasifik

Kongres Pemuda Asia-Afrika: AUKUS Penting Untuk Imbangi Agresifitas China di Indo-Pasifik

Nasional | rmol.id | Sabtu, 1 Januari 2022 - 16:37
share

RMOL. Kehadiran AUKUS sebagai kerjasama pertahanan Australia bersama Inggris dan Amerika Serikat, menjadi penting sebagai media penjaga stabilitas kawasan Indo-Pasifik.

Presiden Kongres Pemuda Asia-Afrika atau Asian African Youth Goverment (AAYG), Respiratori Saddam Al-Jihad mengatakan, AUKUS penting untuk hadir mengimbangi agresifitas China di kawasan Indo-Pasifik.

"Indo-Pasifik memerlukan kekuatan luar untuk mengimbangi agresifitas China, karena dalam sejarah dunia negara yang agresif atau dominan cenderung memicu lahirnya konflik atau perang," ujar Saddam kepada wartawan, Sabtu (1/1).

AUKUS sendiri merupakan kerjasama trilateral Australia bersama Inggris dan Australia dalam penguatan pertahanan dengan pengembangan kapal selam bertenaga nuklir.

Saddam tidak menyangkal, kehadiran AUKUS menuai pro dan kontra di Indo-Pasifik sendiri. Terutama, soal kekhawatiran menyangkut stabilitas keamanan kawasan.

"Tetapi, selama itu bertujuan menjaga perdamaian dan adanya komitmen aktivitas non-agresifitas, saya kira tidak ada masalah," katanya.

Saddam berharap, agar negara-negara yang tergabung dalam aliansi AUKUS menjalin komunikasi ke negara-negara Indo-Pasifik. Sehingga, AUKUS bisa diterima dan didukung.

"Selain memperkuat postur pertahanan khususnya Australia, juga perlu penjelasan yang dapat diterima tentang stabilitas kawasan dan mamnfaat lain bagi negara anggota kawasan," pungkasnya. []

Topik Menarik