Loading...
Loading…
Bupati Luwu Utara Resmikan Pasar Dg Mangatta

Bupati Luwu Utara Resmikan Pasar Dg Mangatta

Nasional | rakyatku | Sabtu, 01 Januari 2022 - 14:14

LUWU UTARA -- Hari pertama di tahun 2022, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani meresmikan pasar Dg Mangatta di Desa Tolada, Kecamatan Malangke, Sabtu (01/1/2022).

Kepala Desa Tolada, Andi Zulpadli mengatakan, keberadaan pasar desa tidak terlepas dari sumbangsih mantan kepala desa Tolada yang biasa disapa Opu Tua, yang telah menghibahkan tanahnya ke pemerintah desa untuk dijadikan pasar desa bagi masyarakat.

Mengingat, selama ini pemerintah desa Tolada belum memiliki aset yang diperuntukkan untuk pasar desa. Olehnya, pasar ini yang akan diresmikan bupati sudah menjadi aset pemerintah desa. Adapun sumber dana pembangunan pasar bersumber dari dana desa.

"Kami berharap dengan hadirnya pasar desa ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa tolada hingga menuju kemandirian ekonomi, ucapnya.

Sementara itu Bupati Indah menuturkan, pengelolaan pasar desa ini bisa dibilang tidak susah, namun tidak gampang juga. Tapi pada dasarnya tantangan terbesarnya ada pada pengelolaan pasar desanya.

"Ini kan aset desa, pemerintah daerah menawarkan, asetnya diserahkan kepada pemda tapi pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah desa. Nah dengan begitu pemda bisa intervensi pasar desa agar bisa lebih modern. Bagi pemerintah, ingin agar bagaimana pedagang kita bisa nyaman, begitu juga dengan konsumennya, jelasnya.

Kemudian, lanjut Indah, pemdes bisa juga menggandeng perbankan dalam menerapkan pembayaran non tunai, atau QRIS. Ini juga merupakan program dari pemerintah. Salah satunya dapat memaksimalkan retribusi daerah, karena dengan begitu potensi kehilangan dapat diminimalkan.

"Karena cepat atau lambat, kita akan menuju kesana. Untuk itu sekali lagi selamat atas peresmian pasarnya. Semoga pasar ini dapat dikelola dengan baik dan harapannya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya masyarakat Desa Tolada, tuturnya.

Turut hadir di acara peresmian yakni Kepala Dinas P2KUKM Luwu Utara, Kasrum, Kepala Bappelitbangda, Alauddin Sukri, Plt Kepala Dinas Sosial, Jasrum, Kepala Dinas PMD, Misbah, Kepala Dinas Perhubungan, Hakim Bukara, Kepala Dinas Kesehatan, Marhani Katma, camat Bone-bone, Akram Risa, serta Tokoh Masyarakat, Andi Sukma.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{