Loading...
Loading…
Tips Memilih WO Agar Tidak Tertipu

Tips Memilih WO Agar Tidak Tertipu

Nasional | rm.id | Jumat, 31 Desember 2021 - 22:41

Wedding organizer (WO) dapat membantu seseorang dalam merencanakan resepsi dan pesta pernikahan. Namun, memilih WO bukan perkara mudah. Alih-alih puas dengan pelayanannya, tak sedikit pasangan pengantin kecele alias tertipu oleh WO.

Sudah banyak pasangan pengantin yang harapannya tak sesuai dengan fakta di lapangan terkait pelayanan WO. Mulai dari kualitas menu makanan yang seadanya, venue pernikahan yang under expectation, hingga ada juga WO yang membawa kabur uang muka.

Agar kejadian-kejadian seperti itu tak terjadi, ada sejumlah tips untuk memilih WO agar tidak tertipu, seperti di bawah ini:

Website atau Media Sosial Aktif
Kini, cukup mudah mencari informasi WO melalui internet. Sebelum memilih, buatlah daftar beberapa WO yang menarik perhatian. Utamakan WO tersebut memiliki website atau media sosial yang aktif. Hal ini menandakan bahwa kemungkinan besar bisnis WO tersebut masih berjalan.

Pastikan Portofolionya
Konten website atau media sosial WO biasanya turut menampilkan portofolio atau pekerjaan yang sudah dilakukan oleh WO tersebut. Bila portofolio terpampang, pastikan bahwa itu benar-benar milik WO yang dimaksud.

Bagaimana cara memastikannya? Salah satunya adalah mencari kata kunci ( keyword ) tertentu pada mesin pencari. Bila ada konten sama, namun sumbernya bukan dari website atau media sosial WO tersebut, maka keaslian portofolio WO patut dipertanyakan. Maksudnya, belum tentu portofolio pada website atau media sosial WO benar-benar adalah karya mereka. Tapi, portofolio bisa jadi memang benar karya mereka karena konten pada website atau media sosial bisa diduplikasi.

Testimoni
Untuk memastikan portofolio WO, bisa dicari ulasan atau testimoni orang-orang yang pernah memakai jasa WO tersebut. Sumber testimoni ini beragam, misalnya akun media sosial pengantin yang memiliki pengalaman dengan WO tersebut. Review pengguna di platform-platform lain juga bisa menjadi sumber untuk menemukan testimoni, seperti LinkedIn. Anda bisa menilai kredibilitas sebuah WO dari komentar-komentar orang-orang yang pernah menggunakan jasa WO tersebut. Rekomendasi dari kerabat keluarga, saudara, atau teman juga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menilai reputasi WO.

Adakan diskusi
Setelah daftar mengerucut, hubungi WO tersebut untuk mendiskusikan beberapa hal lebih lanjut. Sebisa mungkin, diskusi dilakukan secara tatap muka atau setidaknya video call . Saat berdiskusi, ajukanlah sejumlah pertanyaan yang tepat dan detail, misalnya menu makanan, venue hingga skema pembayaran.

Sesuaikan dengan Budget
Inilah yang sering menjadi concern para calon pengantin. Urusan budget memang kerap menjadi perhatian utama para calon pengantin. Oleh sebab itu, bersikaplah terbuka dengan WO terkait budget. Jangan memaksakan diri ingin mengadakan resepsi dan pesta pernikahan yang di luar batas kemampuan finansial. Namun, pastikan WO menyanggupi membantu terlaksananya resepsi dan pesta pernikahan yang diimpikan atau setidaknya mendekatinya. Tentunya dengan menyesuaikannya dengan budget.

Buat Kontrak
Jangan ragu untuk membuat semacam kontrak perjanjian secara tertulis. "Kontrak perjanjian dapat menjadi bukti legal bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, contohnya muncul tambahan biaya yang tak masuk akal atau WO malah menghilang tak tentu rimbanya menjelang hari-H," ujar Ike Diajeng Suyanti, pemilik Arti Wedding.

Untuk Arti Wedding,Ike memastikan, s emua bisa dinegosiasikan. "Penilaian kami terhadap kemampuan finansial calon pengantin lebih terukur dan sangat menolong masyarakat kelas bawah atau masyarakat mikro, ujarnya.

Ike mencontohkan, salah satu paket yang ditawarkannya bernilai Rp 15 juta. Paket tersebut sudah termasuk pelaminan dekorasi bunga segar, karpet jalan, kotak uang 1 set, tenda plafon 60 m2, meja prasmanan 1 set, 1 gubugan, 2 meja terima tamu, 5 pemanas lauk, 1 sangku nasi, 150 piring, sendok, dan garpu. Paket yang sama juga mencakup 100 kursi lipat, 1 pasang janur, 1 buah kipas angin, kartu undangan dan suvenir untuk 300 tamu.

Paket tersebut juga meliputi tiga kali rias dan busana pengantin, kedua orangtua mempelai dan empat penerima tamu. Pengantin juga dapat dokumentasi berupa video dan foto sebanyak satu album kolase 22 halaman serta cetak foto ukuran 30 x 40cm beserta frame. Lalu, ada bonusnya, yakni prewedding indoor, papar Ike. [ USU ]

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{