Loading...
Loading…
Pemkot Surabaya Distribusikan Bansos dari Kemensos

Pemkot Surabaya Distribusikan Bansos dari Kemensos

Nasional | republika | Selasa, 28 Desember 2021 - 21:19

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Kota Surabaya menyalurkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Lapangan Thor, GOR Pancasila, Surabaya, Selasa (28/12). Ada 80 warga kurang mampu yang menjadi sasaran Bansos tersebut. Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi memastikan, warga Surabaya yang menerima bantuan tersebut berdasarkan data dari Kemensos RI.

Eri menjelaskan, warga Surabaya yang diperbolehkan datang ke Lapangan Thor adalah warga yang sudah memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan sudah terdaftar di kelurahan dan kecamatan. Jika belum memiliki kartu KKS, maka akan diminta melapor ke RT/ RW, kelurahan, dan kecamatan.

Kalau merasa tidak mampu bisa langsung melapor ke kelurahan. Saya dan Bu Mensos juga sudah menyampaikan, data itu harus ada verifikasi bersama antara RT/ RW, kelurahan, dan kecamatan, ujarnya.

Pembagian Bansos dibagi menjadi empat titik berbentuk tenda yang melayani warga penerima bansos dari berbagai kecamatan. Satu tenda melayani warga dari delapan kecamatan, yang jamnya sudah ditentukan untuk menghindari kerumunan.

Salah seorang penerima Bansos, Sugiarti (73) mengaku senang bisa kembali mendapat bantuan sosial. Warga Jagir Sidomukti tersebut mengatakan, bantuan tersebut bakal digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Di sini juga cepat, tadi layanannya enak, petugasnya ramah dan menolong warga kalau ada yang bingung," ujarnya.

Sugiarti menjadi salah satu penerima Bansos yang memanfaatkan fasilitas antar jemput yang disediakan kecamatan. Dimana sebelumnya Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menginstruksikan seluruh kecamatan memfasilitasi antar jemput penerima Bansos. Tadi diantar ke sini (Lapangan Thor), nanti pulang juga diantar lagi, ujarnya.

Warga lainnya, Kusnarwoto (80) juga mengaku senang atas bantuan sosial yamg diterimanya. Warga Ngagel Mulyo tersebut mengaku sebelumnya juga pernah menerima bantuan sosial, meskipun jaraknya cukup lama. Ia mengatakan, bantuan yang diterima sangat berarti untuk memenuhi kebutihan sehari-hari.

"Senang dapat bantuan sosial. Tadi juga pelayanannya cepat, saya lihat Pak Eri tadi juga membantu," kata dia.

Masing-masing warga dalam skema bansos tambahan dari Kemensos ini menerima Rp300.000 per bulan untuk tiga bulan sekaligus. Sehingga yang diterimakan Rp900.000.

Original Source

Topik Menarik