iPhone 14 tidak Pakai Kartu Sim?

Nasional | republika | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 14:59
iPhone 14 tidak Pakai Kartu Sim?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA Apple sedang merencanakan perubahan besar untuk seri iPhone 14. Ada beragam kabar terkait perubahan tersebut, seperti model fisik. Namun, itu bukan satu-satunya peningkatan signifikan yang terlihat.

Beberapa laporan mengatakan Apple sudah mengembangkan iPhone yang tidak memiliki slot kartu SIM fisik. Sementara yang lain menyebut seri iPhone 15 akan tanpa slot kartu SIM fisik.

Teknologi eSIM iPhone

Penerus iPhone X yang diluncurkan Apple pada tahun 2018 memberikan pembaruan iPhone yang banyak diminta pelanggan. Ini merupakan fungsi dual SIM atau SIM ganda, fitur yang hanya tersedia dari beberapa perangkat Android.

Namun, Apple mewujudkan itu dengan cara yang berbeda. Sejak iPhone versi XS atau XR, semua iPhone memiliki dukungan untuk SIM fisik dan digital (eSIM). Untuk ke depannya, semua iPhone akan terus mendukung konektivitas SIM ganda, baik seri iPhone 14 atau iPhone 15.

iPhone 15 tanpa slot SIM fisik

Blog Brasil Blogdoiphone mengetahui masalah bahwa model iPhone 15 Pro tidak akan menampilkan slot SIM fisik. Versi iPhone Pro 2023 akan menampilkan dukungan untuk fungsi dual-eSIM. Orang dalam dengan perusahaan Inggris yang tidak disebutkan namanya diduga sedang mengerjakan proyek tersebut. Dia mengungkapkan iPhone 15 tidak akan menyertakan SIM fisik. Namun, laporan tersebut tidak menyebutkan adanya perubahan desain SIM iPhone 14.

Blogdoiphone juga mencatat bahwa seri iPhone 15 memperkenalkan modem 5G Apple dan sensor sidik jari di bawah layar. Selain itu, iPhone 15 mungkin tidak memiliki port pengisian daya fisik.

Laporan dari sumber berbeda menyebut Apple mungkin akan menjalankan rencana yang pada akhirnya akan mengarah pada penghapusan slot kartu SIM fisik. Menurut MacRumors , itu mungkin dimulai pada tahun 2022 dengan versi iPhone 13.

Ini mungkin dimulai dengan iPhone 14

Dilansir BGR, Selasa (28/12), Apple seharusnya memberi tahu operator utama AS untuk mempersiapkan peluncuran ponsel khusus eSIM pada September 2022. Sumber yang tidak ingin disebutkan namanya membagikan dokumen yang menguraikan rencana tersebut, tetapi tidak disebutkan Apple atau iPhone di dalamnya. Dokumen yang ia bawa menunjukkan perubahan SIM akan terjadi sebelum peluncuran iPhone 14.

Operator AS harus mulai menjual model iPhone 13 tertentu tanpa kartu nano-SIM di dalam kotak pada kuartal kedua tahun 2022. Itu sudah terjadi dengan model iPhone 13 yang dijual Apple secara daring atau di toko. Pembeli dapat mengaktifkan perangkat ini melalui kartu eSIM daripada kartu nano-SIM.

MacRumors berspekulasi bahwa Apple mungkin menghapus slot kartu SIM fisik segera setelah seri iPhone 14 mengingat batas waktu September 2022. Baik seri iPhone 14 atau iPhone 15 akan menjadi yang pertama membuang kartu SIM fisik, Apple harus memastikan bahwa operator dapat mendukung perangkat khusus eSIM dan pelanggan dapat dengan mulus beralih ke pengalaman khusus eSIM.

Artikel Asli