PRC: Sandiaga Cawapres Paling Unggul dalam Dua Tahun Terakhir

Nasional | rmol.id | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 14:39
PRC: Sandiaga Cawapres Paling Unggul dalam Dua Tahun Terakhir

RMOL.Sosok Sandiaga Salahuddin Uno masih menjadi kandidat calon wakil presiden (cawapres) Pilpres 2024 yang paling potensial.

Bahkan menurut Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting (PRC), Rio Prayogo, Sandiaga selalu unggul berdasarkan hasil survei dalam dua tahun belakangan.

"Sandi memberikan kepercayaan dia sebagai cawapres nyaris di semua survei kita. Dalam dua tahun terakhir ini survei nasional Sandi unggul dalam cawapres," ujar Rio Prayogo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/12).

Pada hasil survei PRC, elektabilitas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu mencapai 16,7 persen sebagai cawapres. Ia unggul dari Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 12,4 persen dan Prabowo Subianto dengan 10,5 persen.

Rio mengungkap, alasan Sandiaga selalu muncul di peringkat pertama dalam simulasi cawapres di 2024 karena publik masih teringat Pilpres 2019.

"Memori masyarakat terkenang Pilpres 2019 dan lainnya seperti Wakil Gubernur DKI. Sandi identik dengan wakil-wakil," lanjutnya.

Survei PRC dilakukan pada 12 November-4 Desember 2021 dengan responden sebanyak 1.600 orang. Survei dilakukan dengan cara tatap muka atau face to face.

Pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random samplingdan margin of error2,5 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. []

Artikel Asli