Sembilan Rumah Warga Temanggung Rusak Akibat Angin Kencang

Nasional | okezone | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 14:52
Sembilan Rumah Warga Temanggung Rusak Akibat Angin Kencang

JAKARTA Angin kencan g menyebabkan rumah warga di Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, rusak dengan tingkat berbeda. Kejadian ini berlangsung pada Senin 27 Desember 2021, pukul 13.30 WIB. Tidak ada laporan korban jiwa akibat insiden tersebut.

Bencana hidrometeorologi basah ini terjadi di Desa Jetis, Kecamatan Selopampang, Temanggung. Sebanyak 9 KK terdampak peristiwa tersebut, serta kerusakan rumah warga dengan rincian rusak berat 2 unit dan rusak ringan 7 unit.

"Selain kerusakan rumah akibat angin kecang, beberapa pohon tumbang juga menimpa rumah maupun menutup akses jalan. Fenomena ini berlangsung bersamaan dengan turunnya hujan lebat," kataPlt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Ph.D.

Setelah kejadian, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung yang dibantu TNI, Polri, organisasi perangkat daerah terkait dan relawan membantu masyarakat yang rumahnya rusak. Di samping itu, warga setempat bergotong royong membersihkan material bangunan dan ranting-ranting pohon tumbang.

Angin Kencang Kabupaten Cirebon

Sementara itu, kejadian serupa berlangsung di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat, pada Senin (27/12), pukul 14.10 WIB. Peristiwa yang menyertai hujan intensitas sedang hingga lebat tersebut berdampak pada 18 KK atau 62 jiwa.

BPBD Kabupaten Cirebon menginformasikan insiden terjadi di Desa Kalimaro, Kecamatan Gebang. Sebanyak 17 unit rumah rusak ringan dan 1 lainnya rusak sedang. Tidak ada laporan korban luka-luka akibat bencana ini. Angin kencang juga menyebabkan jaringan listrik padam di kawasan terdampak.

Artikel Asli