Temuan SMRC, Elektabilitas Ganjar Pranowo Tempel Ketat Prabowo Subianto

Nasional | rmol.id | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 14:27
Temuan SMRC, Elektabilitas Ganjar Pranowo Tempel Ketat Prabowo Subianto

RMOL.Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersaing ketat dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam perburuan elektabilitas calon presiden (Capres) 2024.

Hal tersebut disampaikan Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Sirojuddin Abbas dalam rilis survei bertema Prospek Partai Politik dan Calon Presiden: Kecenderungan Perilaku Politik Pemilih Nasional, Selasa (28/12).

"Pada pertanyaan tertutup 15 nama tokoh, Prabowo Subianto masih berimbang dengan Ganjar, Prabowo dengan 22,7 persen dan Ganjar Pranowo 22,5 persen," ujar Sirojuddin dalam paparannya

Menyusul di bawah Prabowo dan Ganjar, kata Sirojuddin, ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 15,2 persen dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 5 persen.

Selanjutnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 4,3 persen, Menteri Parekraf Sandiaga Uno 4,2 persen, Menteri Sosial Tri Rismaharini 2,7 persen dan Ketua DPR RI Puan Maharani 2,3 persen.

Dengan elektabilitas di bawah 2 persen ada Menko Polhukam Mahfud MD 1,3 persen, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo 1,2 persen Menteri Keuangan Sri Mulyani 1,1 persen, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa 1,1 persen.

Selain itu, nama yang di bawah 1 persen diantaranya: Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto 0,6 persen, Kepala BIN Budi Gunawan 0,6 persen dan Menteri BUMN Erick Thohir 0,4 persen.

"Sementara responden tidak menjawab atau menjawab tidak tahu masih 14,7 persen," demikian Sirojuddin Abbas.

Survei ini dilakukan 8-16 Desember dengan melibatkan 2420 responden dengan tingkat respon 2062 responden atau 85 persen dari populasi direncanakan.

Metode yang dipakai adalah multistage random sampling dengan toleransi kesalahan 2,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. []

Artikel Asli