Petugas Pindahkan Pasien Positif Omicron ke RSPI Sulianti Saroso

Nasional | republika | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 14:23
Petugas Pindahkan Pasien Positif Omicron ke RSPI Sulianti Saroso

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --Satuan tugas gabungan dari unsur kepolisian, TNI, dan Pemerintah Kota Jakarta Utara memindahkan pasien positif Covid-19 varian Omicron di Green Bay Condominium Pluit lantai 7 ke Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (28/12). Proses pemindahan tersebut karena pemerintah masih melakukan pelacakan Covid-19 terkait kasus pasien tersebut.

"Ini masih dalam tahap pelacakan. Yang penting sudah kita evakuasi agar tidak terjadi penularan," ujar Kepala Kepolisian Sektor Penjaringan Ajun Komisaris Besar Febri Isman Jaya yang turut meninjau proses pemindahan tersebut, Selasa.

Sebelumnya, beredar informasi adanya proses pemindahan pasien positif Covid-19 yang bermukim di Green Bay Condo, Pluit Penjaringan, Jakarta Utara. Warga yang dipindahkan tidak diberitahu identitasnya.

Namun, ia diketahui tinggal di Green Bay Condo Pluit bersama istri. Proses evakuasi terhadap keduanya dilaksanakan satu per satu sesuai prosedur pencegahan penularan Covid-19.

"Jadi, dia (warga pasien) tinggal bersama istri di lantai 7. Sudah kami bujuk bersama dengan Satgas Covid-19, kemudian dari tiga pilar, kemudian dengan dokter dari Puskesmas. Alhamdulillah yang bersangkutan sudah mau kita laksanakan evakuasi untuk kita lakukan perawatan di RSPI Sulianti Saroso," ujar Febri.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan RI mendeteksi kasus transmisi lokal pertama Covid-19 varian Omicron di Tanah Air yang dialami seorang pelaku perjalanan dalam negeri tujuan Medan, Sumatera Utara-Jakarta. Pria berusia 37 tahun tersebut melakukan perjalanan dari Medan dan tiba di Jakarta pada 6 Desember 2021.

Dua pekan kemudian saat akan kembali ke Medan, hasil tes antigen yang bersangkutan menunjukkan hasil positif. Hasil positif pun kembali muncul saat dilakukan tes ulang dengan metode PCR sehari kemudian.

"Pada 26 Desember 2021, berdasarkan hasil laboratorium, dikonfirmasi bahwa pasien terpapar varian Omicron," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes, yang juga menjabat sebagai Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes RI, Siti Nadia Tarmizi.

Artikel Asli