Kasus Akses Data Ilegal, Dokter Richard Lee Ditahan di Polda Metro Jaya

Nasional | limapagi.id | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 12:56
Kasus Akses Data Ilegal, Dokter Richard Lee Ditahan di Polda Metro Jaya

LIMAPAGI - Polda Metro Jaya resmi menahan dokter Richard Lee terkait kasus akses data secara ilegal. Richard ditahan mulai Senin malam, 27 Desember 2021.

"Iya betul. Semalam sudah mulai ditahan," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan saat dikonfirmasi, Selasa, 28 Desember 2021.

Zulpan masih belum menjelaskan lebih lanjut terkait alasan di balik penahanan Richard. Namun, dia memastikan, akan membeberkan detailnya dalam waktu dekat.

"Nanti akan kita sampaikan secara detail ya," jelasnya.

Sebelumnya, Richard Lee telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus ilegal akses dan penghilangan barang bukti, yang masih berkaitan dengan kasus perseteruannya dengan artis Kartika Putri terkait review krim kecantikan 'Helwa'.

Richard diamankan di kediamannya di Palembang, pada Rabu, 11 Agustus 2021 lalu.

"Kesimpulannya terjadi ilegal akses dan pencurian oleh seseorang, kemudian dilakukan lidik dan sidik dan berdasarkan hasil penyidikan ternyata ditemukan yang bersangkutan melakukan ilegal akses dan pencurian yang ada di akun yang menjadi barang bukti, dan ini dilakukan sendiri oleh saudara RL," kata Yusri dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Kamis, 12 Agustus 2021.

Dalam kasus ilegal akses ini, Richard Lee dijerat dengan Pasal 30 juncto Pasal 46 UU ITE dan atau Pasal 231 KUHP dan atau Pasal 221 KUHP.

Artikel Asli