Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup per 1 Januari 2022

Nasional | bukamatanews | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 13:58
Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup per 1 Januari 2022

BUKAMATA Kementerian Perhubungan menyatakan, Bandara Halim Perdanakusuma akan mulai ditutup sementara pada 1 Januari 2022. Hal itu seiring dimulainya proyek revitalisasi Bandara Halim.

Saat Bandara Halim ditutup, penerbangan komersial akan dipindah ke bandara lain.

"Operasionalnya akan dipindahkan ke Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Pondok Cabe, dan Bandara Budiarto Curug," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, dikutip Bukamata melalui laman Kompas, Selasa (28/12/2021).

Adita menambahkan, proses revitalisasi dan pemindahan penerbangan memerlukan Peraturan Presiden (Perpres). Sehingga Kemenhub belum bisa memastikan kapan pemindahan dilaksanakan, sampai Perpres diterbitkan.

"Perpindahan operasional pesawat udara sipil dilaksanakan setelah diterbitkannya Perpres dimaksud," ujar Adita.

Dalam rencana awal, Bandara Halim akan ditutup selama 9 bulan. Kemenhub menyatakan, pertimbangan revitalisasi adalah alasan keselamatan. Pemerintah ingin melakukan perbaikan menyeluruh di Bandara Halim. Baik dari segi tata ruang, tata wilayah, hingga pelayanan di Bandara Halim.

Selain itu, Bandara Halim juga dipersiapkan untuk menerima para tamu negara saat acara KTT G20 pada tahun 2023 mendatang.

Artikel Asli