Universitas BSI Hadiri Seremonial Penutupan Magang di Rumah Rakyat DPR RI

Nasional | republika | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 13:35
Universitas BSI Hadiri Seremonial Penutupan Magang di Rumah Rakyat DPR RI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Dukung program magang kampus merdeka, Sekretariat Jenderal (sekjen) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Republik Indonesia (RI), memberikan kesempatan kepada mahasiwa untuk terlibat secara langsung dalam program Magang di Rumah Rakyat DPR RI. Kegiatan magang ini, bertujuan untuk memberikan konteks pada setiap mahasiswa dalam pelaksanaan fungsi DPR RI yakni, legislasi, pengawasan dan anggaran.

Elsa Puspitasari, mahasiswi program studi (prodi) Sistem Informasi dari Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), berhasil menyelesaikan kegiatan magang bersertifikat periode 1 2021, di Rumah Rakyat DPR RI. Acara penutupan program Magang ini dilaksanakan pada Kamis (23/12) silam.

Selama kegiatan magang yang dimulai 1 September hingga 23 Desember 2021, Elsa mengaku banyak mendapatkan pengalaman yang mengubah perspektifnya terhadap kinerja DPR.

Magang di Rumah Rakyat DPR RI, merupakan suatu kebanggaan tersendiri buat saya. Kesempatan dan pengalaman terbaik dapat mengetahui bagaimana lingkungan kerja yang ada di DPR RI. Bertemu dengan pejabat-pejabat dan bekerja dengan proyek besar yang membuat skill di dalam diri saya bertambah. Melalui program magang ini, perspektif saya terhadap DPR pun mulai berubah, ujar Elsa dalam rilis yang diterima, Senin (27/12).

Menurutnya, program Magang di Rumah Rakyat ini, sangat bagus untuk mengenalkan kinerja DPR kepada masyarakat, melalui peran generasi muda. Stereotip negatif terhadap DPR yang kerjanya hanya rapat-rapat saja, ternyata rapat yang dimaksud bukanlah sekedar rapat saja. Melainkan banyak aspirasi yang dilontarkan selama rapat belasan jam yang melelahkan.

Untuk mengikuti program Magang di Rumah Rakyat ini, saya harus bersaing dengan 18 ribu pendaftar dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia dan berhasil menjadi 200 peserta yang terpilih untuk mengikuti program ini. Setiap mahasiswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok, dan saya bersama kelompok yang berasal dari perguruan tinggi lain diantaranya Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Negeri Padang, Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Universitas Diponegoro, berhasil menjadi pemenang kelompok terbaik pada proyek Pusat Satu Data DPR RI, kata Elsa.

Rachmat Suryadithia, selaku kepala BSI Career Center (BCC) mengucapkan selamat dan sukses kepadaa Elsa Puspitasari, atas pencapaiannya sebagai kelompok terbaik pada proyek Pusat Satu Data di Rumah Rakyat DPR RI.

Menurutnya, pengalaman yang diperoleh Elsa selama magang, merupakan impian dari ribuan mahasiswa yang ingin merasakan kantor DPR, namun belum mendapatkan kesempatan. Semoga pengalaman yang diperoleh selama magang, dapat diimplementasikan secara langsung. Elsa menjadi salah satu mahasiswa yang beruntung dapat mengikuti program Magang di Rumah Rakyat. Lewat program magang ini, semoga generasi muda mengetahui bagaimana kinerja wakil rakyat secara langsung, bukan hanya sekedar berani memberikan kritik saja, tutur Rachmat.

Artikel Asli