Unisba Diseminasikan Hasil Penelitian dan PkM Terkait MBKM

Nasional | republika | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 13:38
Unisba Diseminasikan Hasil Penelitian dan PkM Terkait MBKM

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Universitas Islam Bandung (Unisba) menjadi salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) yang mendapat hibah Kemendikbudristek melalui skema Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Tahun 2021. Dari sekitar 4.500 PTS di seluruh Indonesia, hanya 110 PTS yang mendapat bantuan program ini.

Menurut data Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Ditjendiktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi, Unisba menduduki ranking 22 dan masuk dalam klaster 1 penerima hibah tersebut. Penilaian ini meliputi ketercapaian Indeks Kinerja Utama (IKU) Kinerja Penelitian dan Pengabdian Kinerja Pengabdian kepada Masyarakat di Pangkalan Data Dikti. Jadi penilaiannya tidak diberitahukan kepada kita, tau-tau diinformasikan bahwa Unisba masuk klaster 1 sehingga berhak mendapat hibah ini, ungkap Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unisba Prof Dr Neni Sri Imaniyati SH MHum, dalam keterangannya yang diterima Republik/co.id , Selasa 928/12)

Terkait dengan implementasi bantuan tersebut, Unisba pun membagi dana hibah yang mencapai Rp 1,8 miliar itu ke dalam enam kegiatan. Rinciannya adalah dua kegiatan penelitian dan empat kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM). Keenam kegiatan tersebut adalah sebagai berikut: 1). Pelaksanaan dan Dampak MBKM di Unisba (Penelitian) Dr Helmi Aziz SPdI MPdI. 2). Akselerasi Transformasi Ekonomi Pedesaan Melalui Optimalisasi Badan Usaha Milik Desa (BumDesa) (PkM) Prof Dr Atih Rohaeti Dariah SE MSi. 3). Pengembangan Desa Wisata (Halal) Melalui Rekayasa Sosial dan Asset Based Community Development (ABCD) (PkM) Prof Dr Atie Rachmiatie MSi.

4). Obat Kumur Halal untuk Infeksi Rongga Mulut Berbahan Aktif Daun Jambu Air (Penelitian) Dr Suwendar SSi MSi Apt. 5). Pengelolaan Sampah Terpadu untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (PkM) Dr Ir Nugraha MM IPM, dan 6). Kampung Virtual Sepatu Kreatif: Inovasi Bisnis Era New Normal untuk Meningkatkan Daya Saing Produk UKM Alas Kaki di Kota Bandung (PkM) Dr Alhamuddin MMPd.

Keenam judul penelitian dan PkM di atas didiseminasikan dalam seminar nasional dan seminar hasil. Kegiatan seminar nasional yang dilaksanakan pada Senin, 27 Desember 2021 itu dengan menghadirkan pembicara utama (keynote speaker) Plt Kepala LLDIKTI Wilayah IV Ir Dharnita Chandra MSi.

Sedangkan Rektor Unisba Prof Dr Edi Setiadi SH MH memberikan sambutan dalam acara yang berlangsung sejak pagi hingga sore hari di Hotel Grand Tjokro, Jalan Cihampelas, Bandung.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid ini hadir 150 tamu undangan yang terdiri dari para dekan, kepala unit dan penanggung jawab kegiatan MBKM di masing-masing fakultas, serta mahasiswa yang ikut dalam program MBKM. Sedangkan para undangan dari perusahaan mitra dan perguruan tinggi lain serta mahasiswa Unisba secara umum, bergabung dalam acara tersebut melalui zoom.

Pelaksanaan penelitian dan PkM dari hibah ini penuh dengan tantangan," ungkap Ketua LPPM Unisba.

Namun, para peneliti dan pengabdi tetap berusaha melaksanakan kegiatannya secara optimal karena bagaimanapun hibah ini diberikan sebagai bentuk apreasiasi atas kinerja Unisba selama satu tahun ini. Lebih lanjut, dia mengatakan, bahwa hibah ini membantu Unisba untuk lebih meningkatkan perannya di masyarakat terkait dengan kegiatan MBKM yang saat ini tengah digalakkan pemerintah.

Artikel Asli