Bekas Mobil Wali Kota Dilelang Rp19 Juta

Nasional | radarjogja | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 12:43
Bekas Mobil Wali Kota Dilelang Rp19 Juta

RADAR JOGJA Sebanyak 49 unit kendaraan dinas milik Pemerintah Kota Jogja akan dilelangkan. Bekas mobil dinas pada masa Wali Kota Jogja Herry Zudianto (HZ) kembali masuk dalam daftar paket lelang tersebut. Kali ini dijual dengan harga limit Rp19,9 juta.

Kepala Sub Bidang Pemanfaatan Aset Daerah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daearh (BPKAD) Kota Jogja, Suharno mengatakan bekas mobil dinas Wali Kota Jogja HZ tersebut sudah ke tiga kalinya ini dilelangkan. Tipe mobilnya ialah Ssang Yong Rexton RX280AT tahun 2004. Harga ini sudah turun jauh dibanding harga limit waktu pertama kali mobil ini dilelang ya, katanya disela Konferensi Pers di Kantor Diskominfosan Senin (27/12).

Suharno menjelaskan pertama kalinya mobil tersebut dilelang pada 2019 dengan harga limit sekitar Rp90 juta. Namun tidak ada peserta lelang yang berminat menawarnya. Kemudian kembali dilelang pada 2020 dengan harga limit yang diturunkan menjadi sekitar Rp61 juta, namun tidak pula ada peminat yang menawar mobil tersebut. Mudah-mudahan untuk lelang ketiga ini, ada peminat yang menawar mobil itu, ujarnya.

Menurutnya, bekas mobil dinas tersebut dipastikan berada dalam kondisi yang baik lantaran melalui perawatan dan pajak yang rutin dibayarkan. Meski begitu, memang diklaim mobil tersebut cukup boros bahan bakar. Mungkin ada pertimbangan lain saat peserta lelang hendak menawar mobil tersebut. Misalnya kemudahan mencari suku cadang kalau ada bagian yang rusak, jelasnya.

Selain itu, kendaraan bermotor lain yang dilelang meliputi 34 unit kendaraan sepeda motor, 3 unit kendaraan bermotor roda tiga dan 12 unit kendaraan bermotor roda empat. Diantara itu, juga ada dua unit bekas mobil dinas Ketua dan Wali Ketua DPRD Kota Jogja yakni Toyota Altis keluaran 2010 dan Honda Civic keluaran 2011. Nilai limit masing-masing adalah Rp137,1 juta dan Rp122,5 juta. Kedua kendaraan berjenis sedan ini saya kira akan mendapat banyak peminat. Mungin bisa dilepas dengan harga yang lebih tinggi, terangnya.

Seluruhnya, kendaraan dinas milik Pemkot Jogja ini akan dilelangkan melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jogja. Pelaksanaan lelang dibagi dalam lima paket dengan waktu yang berbeda dimulai awal tahun 2022. Dimulai 11 Januari, dilanjutkan 13 Januari, 18 Januari, 20 Januari, dan 25 Januari. Dimulai pukul 10.00 dengan penawaran secara tertulis melalui https: www.lelang.go.id.

Kami hanya memfasilitasi calon pembeli untuk melihat kondisi barang maupun pengambilan barang saat sudah ada pemenang, sambungnya.
Peserta lelang wajib menyetorkan uang jaminan terlebih dulu, baru bisa mengakses transaksi penawaran dalam lelang. Uang jaminan senilai 50 persen dari harga limit barang yang ditawarkan. Adapun total nilai limit dari 49 kendaraan yang akan dilelang mencapai Rp533,3 juta. Biasanya nilai jual melebihi nilai limit yang ditetapkan apalagi umur kendaraan yang dilelang belum begitu tua, tambahnya.

Ditargetkan dari hasil lelang bisa terjual 100 persen seperti pengalaman tahun sebelumnya. Terlebih sebagian besar usia kendaraan diklaim belum terlalu tua, seperti sepeda motor rata-rata tahun 2008 dan masih dalam kondisi baik. (wia/bah)

Artikel Asli