Pandemi Sadarkan Tatanan Layanan Kesehatan Indonesia Perlu Perbaikan

Nasional | jawapos | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 12:31
Pandemi Sadarkan Tatanan Layanan Kesehatan Indonesia Perlu Perbaikan

JawaPos.com Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan, darurat pandemi Covid-19 telah mengajarkan bangsa untuk menciptakan program yang dapat menangani situasi yang bersifat urgensi. Apalagi masalah kesehatan berhubungan dengan kualitas hidup suatu bangsa.

Bukan hanya manajemen darurat, tapi juga mitigasi problem pelayanan kesehatan, ini juga membuat kita sadar bahwa dunia kesehatan itu menyangkut hajat terpenting kehidupan manusia, jelas Haedar melalui webinar Peran dan Kontribusi Muhammadiyah dalam Penanganan Pandemi Covid-19, Selasa (28/12).

Menurutnya, kemanusiaan yang menyangkut nyawa manusia ini perlu menjadi penguat pandangan bangsa tentang nilai-nilai universal. Bukan hanya pandangan secara sempit, seperti hanya persoalan medis semata.

Tapi, juga ada pengkhidmatan soal kemanusiaan yang dalam Islam, satu nyawa itu sama dengan nyawa semua manusia, tuturnya.

Jika melihat sepak terjang dunia kesehatan Indonesia, ia mengatakan bahwa kita belum siap dalam sistem pelayanannya. Mengingat juga bahwa banyak tenaga medis yang gugur akibat menangani pandemi Covid-19.

Karena kita waktu itu belum sepenuhnya siap, negara juga perlu belajar bahwa sistem kita tidak cukup tangguh dalam menghadapi pandemi. Pelajaran terpenting pandemi ini kepada kita pada 2022 adalah bagaimana negara mulai memperkokoh sistem kesehatan kita itu tangguh, ungkapnya.

Dengan begitu bangsa Indonesia, selain mendapatkan layanan kesehatan, sistem pertahanan nasional juga dapat terintegrasi secara keseluruhan. Untuk itu, menurutnya perlu ada revitalisasi program pelayanan masyarakat.

Pandemi ini mengajarkan kita memperkuat basis kesehatan kita di masyarakat. Tidak cukup kita sukses dengan BPJS, jadi ini poin penting bagi kita, bagaimana memperbaiki kembali tatanan kesehatan kita, pungkas Haedar Nashir.

Artikel Asli