Mencuri Lagi, Ican Kembali ke Sel Polsek Pagutan

Nasional | lombokpost | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 12:24
Mencuri Lagi, Ican Kembali ke Sel Polsek Pagutan

MATARAM -Seorang pemuda berinisial SH alias Ican, 23 tahun, kembali dijebloskan ke sel tahanan Polsek Pagutan, Mataram. Ini merupakan kali kedua pria asal Kasang Pule, Kecamatan Sekarbela, itu mendekam di sel yang sama setelah mencuri.

Data Polsek Pagutan, tahun lalu Ican juga pernah ditangkap karena kasus pencurian. Dia dihukum 10 bulan penjara. Sekarang dia berulah lagi, kata Kapolsek Pagutan Ipda I Putu Sastrawan, Senin (27/12).

Ican kembali ditangkap setelah mencuri tas berisi uang, handphone, dan surat-surat berharga di dekat Pura Pohgading Lingkungan Pesongoran, Kelurahan Pagutan Barat, Mataram. Dia beraksi bersama rekannya berinisial W yang sudah ditetapkan dalam daftar pencarian orang (DPO).

Pelaku ini langsung beraksi melihat korban yang baru selesai menjalankan ibadah sedang beristirahat, ujar Sastrawan.

Atas peristiwa tersebut, korban melapor ke Polsek Pagutan. Pelaku merugi hingga Rp 3,2 juta, katanya.

Di dalam tas itu terdapat uang Rp 2,3 juta, handphone Samsung J7 Pro, dan surat-surat berharga lainnya.

Dari penyelidikan, polisi mendapat informasi ada seseorang akan menjual handphone yang mirip dengan handphone korban yang dicuri. Polisi kemudian menyamar sebagai pembeli. Kita bisa tangkap pelaku menggunakan undercover buy , tuturnya.

Ican pun tak bisa berkutik. Dia mengakui perbuatannya.

Sementara uang Rp 2,3 juta di dalam tas korban sudah dibagi dengan pelaku W. Uang itu sudah habis digunakan untuk bayar utang dan memenuhi kebutuhan sehari-hari, kata Sastrawan.

Akibat perbuatannya, Ican dijerat pasal 363 KUHP. Dia terancam hukuman tujuh tahun penjara.

Sementara itu, Ican mengaku mencuri karena kepepet membayar utang. Tagihan utangnya tak bisa dibayar. Makanya nekat mencuri lagi, akunya. (arl/r1)

Artikel Asli