Sky Bridge Hubungkan Stasiun Bogor dan Paledang

Nasional | republika | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 12:15
Sky Bridge Hubungkan Stasiun Bogor dan Paledang

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR -- Progres pengerjaan proyek double track atau jalur ganda Bogor-Sukabumi telah mencapai sekitar 90 persen. Rencananya, pada 2022, dilakukan lelang untuk pembangunan jembatan layang atau sky bridge yang akan menghubungkan Stasiun Bogor dan Stasiun Paledang di Kota Bogor.

Kalau Stasiun Bogor harapan kami di 2022 kita sudah lelangkan. Untuk menghubungkan Stasiun Bogor dengan Paledang, ujar Direktur Prasarana Perkeretaapian pada Ditjen Perkeretaapian, Harno Trimadi, ketika ditanya terkait rencana pembangunan sky bridge, Senin (27/12).

Harno menjelaskan, saat ini pihaknya bersama arsitektur lokal tengah membahas desain dari sky bridge tersebut. Dimana, dia menerima, permintaan agar desain sky bridge harus ramah lingkungan.

Kita lagi bahas, bekerja sama dengan arsitek supaya desain sky bridge-nya ada corak Bogornya, tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Wilayah Jawa Bagian Barat, Erni Basri, mengatakan, nantinya pelayanan penumpang antara Stasiun Bogor dengan Stasiun Paledang akan dihubungkan dengan sky bridge. Namun, wacana untuk menyatukan Stasiun Paledang dan Stasiun Bogor masih dalam pembahasan.

Saat ini perencanaan Double track hanya sampai Paledang saja, pelayanan penumpang yang terhubung dengan Stasiun Bogor menggunakan Sky Bridge. Wacana menyatukan Stasiun Paledang dan Stasiun Bogor masih dilakukan pembahasan dengan pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA), Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Barat (BTP JABAR), dan PT. Kereta Api Indonesia (KAI), ujar Erni Basri kepada Republika beberapa waktu lalu.

Artikel Asli