Penyeberangan Gresik-Bawean Masih Sepi Penumpang

Nasional | jawapos | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 11:24
Penyeberangan Gresik-Bawean Masih Sepi Penumpang

JawaPos.com- Penyeberangan GresikBawean menjelang tutup tahun 2021 relatif sepi. Padahal, sebelum pandemi, masa libur Nataru menjadi salah satu momen warga Bawean pulang ke kampung halaman.

Kepala Seksi (Kasi) Angkutan Dinas Perhubungan Pemkab Gresik Arifin menyatakan, sejak mendekati Nataru hingga menjelang tutup tahun ini, tidak ada peningkatan penumpang ke Bawean. Malahan, jika dibandingkan dengan hari biasa, jumlahnya juga tetap, bahkan berkurang.

Arifin menyebutkan, kapasitas kapal penyeberangan GresikBawean, masing-masing ada 196 seat untuk Kapal Gili Iyang, 390 seat untuk Kapal Express Bahari 8E, dan 250 seat untuk Kapal Express Bahari 6F.

Namun, pada Minggu yang biasanya ramai penumpang, kapal Express Bahari hanya mengangkut 99 orang dewasa dan 13 usia anak. Tidak ada separonya. Artinya, banyak warga Bawean yang tidak pulang kampung, ucapnya.

Sementara itu, Miftahul Faiz, salah seorang warga Tambak, Bawean, menyampaikan bahwa sebelum pandemi, momen Nataru biasanya menjadi salah satu hari warga Bawean untuk pulang kampung. Namun, saat ini masyarakat memilih mengurangi waktu pulang kampung.

Lelaki yang tinggal di Gresik itu mengaku saudaranya juga memilih tidak pulang saat Nataru. Tujuannya, mengantisipasi persebaran Covid-19. Kuliah di Jember, adik saya memilih tidak pulang, ujarnya.

Artikel Asli