Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Bicara Kiat Sukses Berwirausaha

Nasional | lampung.rilis.id | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 10:35
Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Bicara Kiat Sukses Berwirausaha

RektorUniversitas Teknokrat Indonesia (UTI) Dr HM Nasrullah Yusuf SE MBA memaparkan kiat-kiat sukses dalam berwirausaha.

Hal itu disampaikannya saat menjadi narasumber pada evaluasi dan pengembangan program KKM yang diadakan Universitas Samawa, pada Minggu (26/12/2021).

Nasrullah menjelaskan tentang bagaimana proses pembentukan wirausaha.

Menurutnya, ikhtiar yang dilakukan adalah membangun jiwa semangat wirausaha, mempelajari pengetahuan atau ilmu wirausaha, belajar melalui pemasaran, dan mencoba berwirausaha.

Ia j uga menceritakan kisah sukses sejak mendirikan LPBM Teknokrat sebagai cikal bakal Universitas Teknokrat Indonesia.

Lebih lanjut, Nasrullah memaparkan bahwa wirausahawan sejati tidak cukup dengan dilahirkan atau bakat saja.

Akan tetapi, kata dia, wirausahawan harus dibentuk melalui pendidikan atau pelatihan dan hidup di lingkungan yang berhubungan dengan dunia usaha.

Nasrullah membeberkan beberapa kata kunci untuk menjadi wirausahawan yang sukses.

Di antaranya adalah pengambilan risiko, menjalankan bisnis sendiri, memanfaatkan peluang, menciptakan bisnis baru, pendekatan inovatif, dan mandiri.

Nasrullah juga menyampaikan beberapa atribut wirausaha yang mesti dimiliki. Di antaranya pengetahuan, kemampuan, pengalaman, jaringan, informasi, sumber yang ada, waktu, dan masa depan serta kesempatan.

Ia menambahkan, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan soal kebutuhan konsumen untuk kesuksesan bisnis.

Antara lain dapat menciptakan produk yang tepat sasaran, produk yang dijual mempunyai ciri khas, adanya nilai tambah pada setiap produk, memudahkan penyusunan strategi bisnis, dan konsumen sebagai penentu kesuksesan. (*)

Artikel Asli