Tips Libur Sekolah Aman Selama Pandemi

Nasional | republika | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 10:21
Tips Libur Sekolah Aman Selama Pandemi

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Libur sekolah telah tiba. Karenanya, orang tua harus berkreasi dan berinovasi untuk dapat mengisi libur sekolah anak-anak agar tetap seru dan aman di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung dan ancaman varian-varian baru.

Psikolog dari UGM, Dr Diana Setiyawati mengatakan, liburan di tengah pandemi perlu disiapkan dengan baik oleh keluarga. Salah satu yang harus dipersiapkan orang tua tidak lain membuat program-program kreatif terencana untuk waktu keluarga.

"Misalnya, main quiz bersama, masak bersama, dan kegiatan lain sambil diskusi tentang keluarga," kata Diana, Selasa (28/12).

Dosen Fakultas Psikologi UGM ini menyarankan, agar liburan tetap terasa liburan bagi siswa, orang tua perlu merencanakan rutinitas yang berbeda dari biasanya. Sehingga, masa liburan yang dilewati benar-benar terasa libur bagi anak-anak.

Apalagi, sejak pandemi Covid-19 melanda Tanah Air kondisi pembelajaran sekolah siswa-siswi menjadi jauh berbeda dengan sebelumnya. Begitupun, dengan liburan sekolah yang sampai hari ini saja tidak bisa dijalankan seperti sebelumnya.

"Jika ada tugas yang diberikan sekolah semasa libur, tugas-tugas yang ada bisa dimaksimalkan dikerjakan bersama keluarga," ujar Diana.

Peneliti Center for Public Mental Health (CPMH) UGM ini mengingatkan, liburan tidak harus diisi dengan berlibur ke luar rumah. Terlebih, saat ini masih berada di tengah pandemi Covid-19, bahkan menghadapi ancaman Omicron yang sudah masuk Indonesia.

Namun, jika akan berlibur ke luar rumah, Diana mengimbau untuk berlibur dengan memilih destinasi-destinasi wisata yang aman. Selain itu, tetap patuhi protokol kesehatan, memilih moda transportasi yang aman serta pemilihan waktu yang tepat.

Bila ingin menghabiskan waktu liburan dengan tetap di rumah, Diana menambahkan, banyak hal-hal yang dapat dilakukan bersama keluarga. Selain memasak, bermain bersama dan lainnya, liburan di rumah juga dapat diisi dengan program daring.

"Misalnya, piknik online, bioskop online dan kegiatan seru online lainnya," kata Diana.

Artikel Asli