Sempat Ditolak, GKI Citraland Lakarsantri Akhirnya Bisa Dibangun

Nasional | jawapos | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 10:02
Sempat Ditolak, GKI Citraland Lakarsantri Akhirnya Bisa Dibangun

JawaPos.com Gereja Kristen Indonesia (GKI) Kecamatan Lakarsantri akhirnya mulai bisa dibangun setelah sempat mendapat penolakan warga. Senin (27/12), seluruh pihak berkaitan dengan pembangunan gereja itu bertemu di Polsek Lakarsantri.

Rapat dipimpin Kasat Intelkam Polrestabes Surabaya AKBP Wimboko yang dihadiri antara lain Kapolsek Lakarsantri Kompol Arif Mahari, Danramil 0832/08 Mayor Inf. Muntholib, anggota DPRD Kota Surabaya Josiah Michael, dan Lurah Lakarsantri Habib.

Yohan Litamahuputy atau Ongki, juru bicara GKI Citraland mengatakan, awal pembangunan gereja sudah dilakukan sejak 2011. Kemudian, jelang 2022, baru ada titik terang untuk pembangunannya.

Kami tidak ada niat sedikitpun untuk buat viral, pihak gereja tidak pernah memberitakan permasalahan selama ini karena sangat menghargai setiap pendapat termasuk mereka yang menolak, aku Ongki ketika dihubungi pada Selasa (28/12).

Ketua RW 01 Kelurahan Lakarsantri Sujianto mengklaim, dia bersama Ketua RW 4 Armono dan LPMK M. Zaenal Arifin sejak awal menyetujui pembangunan gereja GKI Citraland. Lalu pihak gereja juga sudah mendapat tanda tangan persetujuan warga sebanyak 180 orang dari dahulu. Kebetulan terjadi dinamika sehingga pembangunan gereja menjadi terhambat, jelas Sujianto.

Sementara itu, anggota Komisi A DPRD Surabaya Josiah Michael mengatakan, penolakan dilakukan segelintir oknum yang mempengaruhi warga lain. Penolakan dilakukan dengan mengatasnamakan ormas. Jadi dalam pertemuan tadi sudah clear dan ada jaminan untuk melaksanakan pembangunan gereja, ujar Josiah.

Dengan dukungan warga yang telah diperjelas, syarat formil sebagai langkah awal pembangunan gereja telah terpenuhi sesuai Perwali 58 Tahun 2007, imbuh dia.

Sebelumnya, pembangunan gereja di Kecamatan Lakarsantri ditolak warga. Alasannya, karena terlalu dekat dengan rumah warga.

Artikel Asli