Harga Telur Meroket, Masyarakat Pilih Konsumsi Daging

Nasional | jawapos | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 09:48
Harga Telur Meroket, Masyarakat Pilih Konsumsi Daging

JawaPos.com Harga telur ayam yang meroket berdampak pada perubahan pola konsumsi masyarakat. Sebagian warga Kota Pahlawan memilih untuk mengonsumsi daging. Itu terlihat dari meningkatnya penyembelihan hewan di Rumah Potong Hewan (RPH) Surya di Jalan Pegirian, Semampir.

Berdasar informasi, sehari RPH rata-rata menyembelih 80 ekor sapi. Saat libur Natal dan tahun baru (Nataru), jumlahnya naik. Penyembelihan sapi di RPH mencapai lebih dari 100 ekor per hari.

Ketua Badan Pengawas PD RPH Surya Muhammad Faiz menjelaskan bahwa kenaikan konsumsi daging disebabkan banyak hal.

Salah satunya, naiknya harga telur. Daripada membeli telur mahal, warga lebih memilih sekalian mengonsumsi daging. Saat ini trennya memang begitu, kata Faiz.

Menurut dia, harga telur memang naik drastis. Bahkan, saat ini harganya sudah berada di kisaran Rp 30 ribu per kilogram. Itu berbeda dengan harga daging yang nilainya tetap. Harga daging per kilogram di pasaran mencapai Rp 110 ribuRp 130 ribu.

Faiz menambahkan, saat ini naiknya penyembelihan juga disebabkan banyaknya event saat libur Nataru. Kebutuhan di restoran atau rumah makan meningkat. Tidak hanya di Surabaya, tapi juga tempat makan di luar daerah.

Terkait naiknya permintaan, Faiz mengatakan bahwa sebagian jagal sudah mengantisipasinya. Mereka telah menyiapkan strategi. Jagal tidak menambah personel. Namun, mereka memilih untuk menyembelih lebih awal.

Lantas, mungkinkah harga daging juga naik saat pergantian tahun? Faiz berharap hal itu tak terjadi. Namun, kenaikan sulit diprediksi. Stok sapi masih aman. Hanya perlu peran pemerintah untuk lebih mengontrol sapi-sapi yang keluar dari Jatim, jelas Faiz.

Selama ini tingginya sapi yang keluar provinsi memang dikeluhkan para jagal. Sebab, hal itu berpengaruh pada stok sapi di dalam provinsi. Jagal kesulitan untuk mencari hewan yang layak disembelih karena banyak sapi yang dikirim ke luar daerah.

Artikel Asli