Hindari Perpecahan, MPI DPP KNPI dan OKP Rapat Menuju Kongres

Nasional | rmol.id | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 08:44
Hindari Perpecahan, MPI DPP KNPI dan OKP Rapat Menuju Kongres

RMOL.Majelis Pemuda Indonesia Komite Nasional Pemuda Indonesia (MPI KNPI) menggelar rapat untuk mempersiapkan Kongres Pemuda XVI/KNPI di Hotel Grand Alia Prapatan Kramat, Jakarta, Senin (27/12).

Rapat tersebut bertujuan untuk mewujudkan persatuan pemuda Indonesia agar tidak ada lagi perpecahan dalam kubu KNPI.

"Rapat MPIbertujuan untuk mengambil langkah konkret sehingga perpecahan KNPI dapat diselesaikan secara baik dan bermartabat," kata Ketua MPI KNPI, Muhammad Rifai Darus.

Komposisi MPI DPP KNPI terdiri dari Ketua Umum DPP KNPI periode sebelumnya sebagai Ketua Majelis (Ketua MPI) dan diisi oleh seluruh Ketua Umum Organisasi Kepemudaan (OKP) yang berhimpun di KNPI sebagai ex-officio.

Rifai Darus sendiri adalah Ketua MPI KNPI, baik dari kubu Haris Pertama maupun Noer Fajriansyah.

Menurut MPI KNPI, adanya perpecahan di tubuh KNPI semakin mengkhawatirkan bagi organisasi, mulai dari tingkat pusat hingga tingkat daerah dan kecamatan.

"Karenanya, MPI KNPI bersama ketua umum OKP tingkat nasional perlu urun-rembug demi penyelesaian masalah tersebut. MPI KNPI hanya memiliki satu tujuan, yakni persatuan dan penyatuan KNPI dalam menyelesaikan dan menyatukan perpecahan," jelasnya.

Adapun keputusan yang telah disepakati dalam Rapat MPI KNPI dan OKP yakni, MPI KNPI dan OKP tingkat nasional berkomitmen melaksanakan dan menghadiri Satu Kongres Satu KNPI.

Pelaksanaan Kongres Pemuda KNPI XVI diselenggarakan oleh para pihak DPP KNPI bersama MPI KNPI. Apabila para pihak DPP KNPI tidak bersepakat untuk melaksanakan Satu Kongres, maka OKP yang berhimpun dalam wadah KNPI berkomitmen melaksanakan Kongres Pemuda/KNPI XVI yang diselenggarakan oleh MPI KNPI dan OKP sebagai penanggung jawab.

Kongres Pemuda/KNPI XVI yang dilaksanakan oleh MPI KNPI dan OKP menjadi satu-satunya Kongres KNPI yang dihadiri oleh OKP yang berhimpun di KNPI.

Ketua MPI KNPI bersama-sama Anggota MPI dan Ketua Umum OKP yang telah membuat surat pernyataan kepada Presiden RI Cq. Menpora RI membentuk tim untuk mempersiapkan pelaksanaan Kongres Pemuda/KNPI XVI sebagai berikut:

Ketua Tim:
Muhammad Rifai Darus

Anggota-anggota:
Gunung Hutapea
Budi Harianto
Rudi Darmawanto
Syahril Harahap
Sahid Ali Al Idrus
Noman Silitonga
Sirajuddin Abdul Wahab
Achmad Suhawi

Kongres Pemuda/KNPI XVI diselenggarakan pada tanggal 27 Januari 2022 atau selambat-lambatnya bulan Februari 2022.

Undangan juga ditembuskan langsung kepada Presiden Republik Indonesia, Wakil Presiden Republik Indonesia, Menko PMK RI, Menkopolhukam RI, Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Menteri Hukum dan HAM RI, Kapolri, dan seluruh elemen DPP KNPI. []

Artikel Asli