Heboh! Waspada Kasus Varian Omicron, Dinkes Kabupaten Malang Mengirimkan Sampel PCR ke RSUA

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 08:50
Heboh! Waspada Kasus Varian Omicron, Dinkes Kabupaten Malang Mengirimkan Sampel PCR ke RSUA

Terdapat ada 4 sampel PCR dari pasien Covid-19 di Kabupaten Malang yang dicurigai, sehingga dikirim ke Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) untuk memastikan apakah termasuk virus corona varian omicron atau bukan.

Langkah tersebut dilakukan untuk medapatkan kejelasan, lantaran Kabupaten Malang belum memiliki alat yang kompeten untuk mendeteksi varian omicron.

"(Kami) tidak mampu. Di Jawa Timur, yang mampu adalah RSUA," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, drg. Arbani Mukti Wibowo, Senin (27/12).

Dari hasil yang terdeteksi ditemukan 4 sampel berasal dari pasien yang pernah melakukan perjalanan ke luar kota dan hasil tes PCR mereka menunjukkan nilai CT value kurang dari 25.

Sedangkan, pasien-pasien tersebut merupakan sopir yang mempunyai mobilitas tinggi dan baru pulang dari luar kota. Satu di antaranya merupakan warga Kecamatan Turen dan 3 lainnya merupakan warga Kecamatan Kalipare.

Namun demikian, hingga saat ini pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Malang masih menunggu hasil dari tes tersebut. "Hasilnya tesnya belum keluar," tutup Arbian.

Artikel Asli