Lagu Ibu Sud Diadaptasi untuk Kampanye Covid-19, Dapat Apresiasi dari Pemegang Hak Cipta

Nasional | wartaekonomi | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 08:35
Lagu Ibu Sud Diadaptasi untuk Kampanye Covid-19, Dapat Apresiasi dari Pemegang Hak Cipta

Pemegang Hak Cipta Lagu "Menanam Jagung" karya Ibu Sud, Carmanita, mengaku senang lagu tersebut digunakan untuk kampanye pentingnya penggunaan masker dan vaksinasi di masa pandemi Covid-19.

"Sebuah kehormatan bahwa untuk kesekian kalinya, lagu Embah [Ibu Sud] masih bisa digunakan untuk kepentingan nasional," kata Carmanita dalam dialog virtual, Senin (27/12/2021).

Ia mengungkapkan lagu-lagu Ibu Sud sering digunakan untuk iklan layanan masyarakat (ILM) selama empat generasi. Menurutnya, lagu karya Ibu Sud memiliki melodi yang berbeda pada tiap lagu dan berjiwa karena berdasarkan pengalaman pribadi.

Misalnya, lagu "Menanam Jagung" mengangkat cerita tentang semangat rakyat pada zaman Romusha yang diharuskan menanam jagung di perkebunan. "Semua lagu Ibu Sud pasti punya soul karena dialami sendiri, tidak hanya mengarang," ujarnya.

Sementara dalam konteks saat ini, lagu "Menanam Jagung" diadaptasi guna menjadi penyemangat bangsa dalam rangka melindungi kesehatan di masa pandemi. Ia berharap lagu ini dapat menjadi pengingat dan membantu masyarakat dalam mengatasi pandemi.

Perempuan yang juga merupakan seorang desainer tersebut menambahkan, protokol kesehatan dan vaksinasi merupakan upaya yang penting dilakukan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain. "Jangan kita abai karena Covid-19 masih ada," tandasnya.

Artikel Asli