Fakultas Unggul Selevel ASEAN

Nasional | radarjogja | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 08:11
Fakultas Unggul Selevel ASEAN

BANTUL Fisipol UMY bertujuan mewujudnya fakultas unggul dan islami pada level ASEAN melalui penyelenggaraan sistem pembelajaran ilmu sosial dan ilmu politik berkualitas. Pengembangan penelitian dan publikasi di bidang ilmu sosial dan ilmu politik yang bermanfaat.

Berdasarkan data mahasiswa Fisipol UMY angkatan 2019-2021, persebaran sumber mahasiswa berasal dari 34 provinsi di Indonesia. Hal ini menunjukkan Fisipol UMY telah dikenal seluruh lapisan masyarakat di semua provinsi.

Mayoritas mahasiswa Fisipol UMY berasal dari Provinsi Jawa Tengah (22 persen), DIJ (19 persen), Jawa Barat (12 persen), dan Jawa Timur (4 persen). Adapun asal luar Jawa, terbanyak dari Riau (4 persen), Lampung (3 persen), Nusa Tenggara Barat (3 persen), dan Banten (3 persen), kata Dekan Fisipol UMY, Dr Takdir Ali Mukti SSos MSi, kemarin.

Mitra Fisipol UMY meliputi perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri. Mitra utama luar negeri meliputi perguruan tinggi di Malaysia seperti USIM, IIUM, USM, UUM, UKM, UITM dan UTEM. Thailand diantaranya Khon Kaen University, Maejo University, University of Chulalongkorn, lalu De La Salle University Filipina.

Lalu UBD Brunei Darussalam, Flinders University Australia, lalu di Taiwan ada Asia University, Tamkang University, National Central University, Chaoyang University, dan National Cheng Kung University. Sementara di Korea Selatan bersama Sunmoon University, dan Spanyol, kata Wakil Dekan I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan AIK, Fisipol UMY Dr phil Ridho Al-Hamdi SFilI MA.

Aktivitas dan intensitas kegiatan bersama yang dilakukan FISIPOL UMY dengan mitra perguruan tinggi luar negeri meliputi student exchange , publikasi bersama, pengabdian masyarakat bersama, dan penelitian bersama. Selain itu, Fisipol UMY juga menjalin kerjasama dengan mitra dalam negeri seperti Asosiasi Pengkaji Film Indonesia, PSIK Muhammadiyah Yogyakarta, dan Studio Kasat Mata, ujar Ridho.

Berkaca dari tahapan UMY yang sudah mencapai tahap advance research university , Fisipol UMY perlu memiliki visi misi yang mampu menjadi panduan untuk mencapai milestone tahap kedua ini.

Advance research university merupakan tahapan kelanjutan dari reputable international university yang telah dilaksanakan universitas periode 2015-2020. Fisipol yakin bahwa visi misi yang telah ditetapkan, mampu membawa fakultas selalu unggul dan islami, tambah Wakil Dekan II, Bidang Sumber Daya Manusia dan Keuangan; Dr Yeni Rosilawati SIP SE MM.

Saat ini UMY memasuki dekade keempat dalam perannya sebagai salah satu penyelenggara pendidikan tinggi di Jogjakarta dengan reputasi unggul, di skala nasional maupun internasional.

Salah satu capaian UMY adalah keberhasilan memperoleh dan mempertahankan status akreditasi A dari BAN PT di tahun 2013, dan 2017. Ini menunjukkan UMY telah diakui secara nasional oleh masyarakat luas sekaligus merupakan tantangan untuk senantiasa memberikan yang terbaik bagi masyarakat, kata Yeni. (vis/iwa/dwi)

Artikel Asli