Fisipol UMY Menuju World Class University

Nasional | radarjogja | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 08:00
Fisipol UMY Menuju World Class University

RADAR JOGJA Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Muhammadiyan Yogyakarta bertekad menjadi fakultas yang setara dengan fakultas serupa di negara lain.

Fisipol UMY memiliki visi Menuju World Class University, tegas Dekan Fisipol UMY, Dr Takdir Ali Mukti SSos MSi, kemarin.

Dikatakan Fisipol UMY didirikan bersamaan dengan kelahiran UMY, yakni 1 Maret 1981. Saat itu atas kesadaran sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah, Tri Dharma Perguruan Tinggi diubah menjadi Catur Dharma. Dengan menambahkan aspek Agama Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK), cerita Takdir.

Wakil Dekan I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan AIK, Fisipol UMY Dr phil Ridho Al-Hamdi SFilI MA mengatakan sebagai fakultas dengan prodi-prodi yang sudah terakreditasi A dan unggul, maka strategi pengembangan secara horizontal dan vertikal harus dilakukan Fisipol UMY.

Pengembangan tersebut antara lain dengan mendirikan kelas internasional dan Program Studi Pascasarjana Magister (S2), kata Ridho.

Pembukaan kelas internasional dilakukan sejak 2008 oleh prodi Ilmu Hubungan Internasional (HI) dengan International Program for International Relations (IPIREL). Lalu prodi Ilmu Pemerintahan (IP) pada 2010 dengan International Program of Governmental Studies (IGOV).

Adapun kelas internasional prodi Ilmu Komunikasi dibuka 2020 dengan IP-COS ( International Program of Communication Studies ), kata Ridho.

Guna meningkatkan daya saing, maka beberapa program unggulan ditawarkan dalam kelas internasional. Antara lain menggunakan pengantar Bahasa Inggris, pertukaran mahasiswa (baik menerima mahasiswa asing atau mengirim mahasiswa Fisipol UMY ke beberapa universitas mitra di luar negeri) dan menghadirkan dosen tamu dari universitas luar negeri, tambah Wakil Dekan II, Bidang Sumber Daya Manusia dan Keuangan Dr Yeni Rosilawati SIP SE MM.

Takdir mengatakan pada 2012 didirikan Magister Ilmu Pemerintahan (MIP). Pada 2014 didirikan Magister Ilmu Hubungan Internasional (MIHI) di bawah naungan Sekolah Pascasarjana UMY.

Kompetisi yang semakin ketat dengan universitas di dalam maupun luar negeri, adalah tantangan sekaligus motivasi bagi Fisipol UMY untuk terus melakukan pengembangan melalui Catur Dharma dan selaras dengan visi universitas sebagai World Class University (WCU). Yang berkarakteristik Unggul-Islami dan Muda-Mendunia, kata Takdir.

Fisipol UMY memiliki visi menjadi fakultas yang unggul dalam pendidikan dan pengembangan ilmu sosial dan ilmu politik berlandaskan nilai-nilai Islam pada level Asean Tahun 2025. Serta menjalin kerjasama berkelanjutan dengan stakeholder pada level lokal, nasional dan ASEAN, tegas Takdir. (vis/iwa/dwi)

Artikel Asli