Cegah Penyebaran Omicron, Kabupaten Ini Genjot Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 07:42
Cegah Penyebaran Omicron, Kabupaten Ini Genjot Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia

Baturaja - Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menggenjot vaksinasi masyarakat lanjut usia agar mencapai target minimal 70 persen hingga penghujung tahun 2021.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU), Andi Prapto di Baturaja, Senin mengatakan, hingga saat ini cakupan vaksinasi khusus untuk masyarakat usia lanjut baru mencapai sekitar 50 persen.

Dari 26.244 target lansia yang akan divaksin, sekitar 13.100 orang diantaranya sudah mendapat vaksin dosis pertama dan 7.429 dosis kedua.

"Oleh sebab itu saat ini kami menggencarkan vaksinasi bagi lansia mengingat kelompok usia ini sangat rentan tertular COVID-19," kata Andi.

Untuk mencapai target tersebut pihaknya melakukan upaya jemput bola hingga ke desa-desa yang menyasar pada masyarakat usia lanjut untuk divaksin agar terhindar dari penyebaran virus Corona.

Dalam program ini Dinas Kesehatan OKU mengerahkan sebanyak 122 tenaga vaksinator yang tersebar di 18 puskesmas di wilayah itu.

Bahkan, kata dia, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat guna divaksin pemerintah daerah setempat memberikan hadiah doorprize berupa dua unit sepeda motor.

Setiap lansia akan mendapat satu kupon undian setelah disuntik vaksin di seluruh puskemas yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten OKU.

"Undian doorprize yang digelar bersama jajaran Polres OKU ini akan diundi pada 1 Januari 2022. Melalui terobosan ini diharapkan cakupan vaksinasi lansia dapat mencapai target sesuai harapan," ujarnya.

Artikel Asli