5 Rekomendasi Makanan Berkuah yang Pas Dinikmati Saat Musim Hujan

Nasional | bukamatanews | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 07:20
5 Rekomendasi Makanan Berkuah yang Pas Dinikmati Saat Musim Hujan

BUKAMATA - Saat ini musim hujan tengah melanda Indonesia. Tentu cuaca ini membuat suhu begitu dingin, apalagi di pagi hari. Suhu dingin selama musim hujan membuat tubuh jadi perlu mengonsumsi makanan hangat.

Mengonsumsi makanan hangat di kala hujan tentu saja nikmat, bukan? Tapi apa saja sih jenis makanan yang cocok disantap saat musim hujan?

1. Mi kuah

Mi kuah bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang cocok dikonsumsi saat hujan. Apalagi bagi Anda pencinta pedas, tentu mi kuah pedas tak hanya menghangatkan badan, tapi juga menambah cita rasa makanan.

Mi kuah bisa dibuat dari mi instan yang bisa Anda beli di warung-warung atau supermarket. Anda juga bisa menambah aneka topping seperti telor, kornet, keju, sayuran, sampai susu.

2. Bakso

Bakso menjadi pilihan makanan yang paling sering dicari saat hujan. Bakso yang terdiri atas gilingan daging sapi berbentuk bulat, dicampur berbagai bumbu dapur, mi, bihun, telur, hingga sayur-sayuran, tentu cocok jadi teman saat hujan.

Kuah bakso yang hangat tak hanya membuat hangat tubuh, tapi juga meninggalkan rasa cita yang gurih di lidah. Saat ini banyak ragam bakso yang bisa Anda cicipi, mulai bakso urat, bakso telur, bakso mercon, sampai bakso nuklir.

3. Soto ayam

Makanan berkuah satu ini tentu cocok menemani Anda di saat hujan datang. Soto ayam dengan kuah berwarna kekuningan dari bumbu kunyit itu bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Umumnya, soto ayam berisi berbagai sayuran seperti kol, toge, dan tomat, kemudian ayam dan telur.

4. Seblak

Seblak menjadi makanan pedas yang mudah dan praktis dibuat saat musim hujan. Makanan dengan cita rasa pedas ini dapat dibuat dengan mencampurkan kerupuk yang sudah direbus, bakso, telur, makaroni, sayuran, bumbu dapur, hingga bubuk cabai.

5. Sekoteng dan wedang ronde

Sekoteng dan wedang ronde bisa menjadi pilihan makanan hangat yang cocok dikonsumsi saat musim hujan. Kedua jenis makanan ini dibuat dari rebusan air jahe yang tentu tidak hanya menghangatkan tapi juga menyehatkan tubuh.

Sementara itu, wedang ronde tentu akan lebih nikmat disantap karena tambahan topping onde-onde yang kenyal. Makanan ini bisa dicampur dengan berbagai toping lainnya seperti kacang hijau, kolang kaling, hingga kacang sangrai.

Itu dia 5 makanan hangat yang cocok disantap saat musim hujan. Anda paling suka yang mana?

Artikel Asli