Amien Rais Didorong Nyapres 2024, Pengamat: Itu Namanya Halu

Nasional | sindonews | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 06:46
Amien Rais Didorong Nyapres 2024, Pengamat: Itu Namanya Halu

JAKARTA - Dorongan internal Partai Ummat agar Amien Rais maju sebagai calon presiden ( capres ) 2024 diyakini tidak akan tercapai. Munculnya dorongan agar Amien Rais nyapres itu diketahui diungkapkan oleh Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi dalam potongan video postingan di Instagram-nya.

"Istilah anak sekarang kalau mencalonkan Amien Rais untuk 2024 nanti itu namanya halu jika dilihat dari sisi elektabilitas dan faktor kendaraan politik, parpol," kata Direktur Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara kepada SINDOnews, Senin (27/12/2021).

Namun, Igor mengakui nama Amien Rais pernah mentereng pasca reformasi 1998. "Tetapi toh dia selalu gagal menang sebagai capres," ujar Igor.

Igor melihat nama Amien Rais saat ini sudah tenggelam dalam kancah politik nasional. "Kecuali di lingkungan Muhammadiyah dan parpol baru yang didirikannya," ungkapnya.

Selain itu, menurut dia, Partai Ummat yang didirikan oleh Amien Rais pasca kisruh internal di PAN juga belum teruji di pemilu legislatif sebagai parpol baru. "Amien Rais bisa saja dicalonkan sebagai capres 2024, jika ambang batas pencalonan presiden berubah menjadi nol persen. Hanya itu peluangnya di tengah tendensi parpol saat ini yang ingin mengusung ketua umumnya sendiri untuk berlaga di Pilpres 2024," pungkasnya.

Artikel Asli