Keras! Chirst Wamea Pasang Badan Bela Anies, Giring Disebut Sampah Politik, Ahok Ikut Disemprot

Nasional | wartaekonomi | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 06:31
Keras! Chirst Wamea Pasang Badan Bela Anies, Giring Disebut Sampah Politik, Ahok Ikut Disemprot

Tokoh Papua, Christ Wamea melontarkan kritik keras kepada ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha terkait pidatonya soal pemimpin pembohong yang disinyalir dialamatkan buat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang digadang - gadang bakal maju pada Pilpres 2024 mendatang.

Christ Wamea menegaskan, Giring Ganesha sama sekali tidak bisa disandingkan dengan Anies Baswedan. Keduanya kata dia beda level. Dia bahkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saja tak bisa berkutik melawan Anies Baswedan pada Pilkada DKI 2017 silam.

Ahok yg dianggap dewa olh PSI sj tdk bukan level pak Anies apalagi cuma sampah politik spt Giring, ujarnya melalui akun Twitter pribadi dikutip Senin (27/12/2021).

Pernyataan serupa juga disampaikan Pakar politik dan hukum Universitas Nasional (UNAS), Saiful Anam. Menurutnya Anies Baswedan bukan lawan yang pas buat Giring Ganesha.

Saya kira Giring bukan level Anies, apalagi mau dihubungkan dengan Pilpres. Dari sisi apapun Giring tidak level dengan Anies, ujarnya pada wartawan Minggu, 26 Desember 2021.

Misalnya dari sisi pengalaman, kata Saiful, Giring belum pernah menduduki jabatan sebagai pejabat negara. Sementara Anies pernah menjadi seorang Menteri (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) dan kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Selain itu, dari sisi elektabilitas berdasarkan beberapa survei, Giring nampak berada di posisi bawah, bahkan sering tidak diperhitungkan. Sedangkan Anies tidak perlu diragukan lagi, dia seringkali berada di posisi atas, bersanding dengan tokoh besar lainnya, seperti Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Oleh karena itu, Direktur Pusat Riset Politik Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI) ini mengusulkan Giring untuk menambah pengalamannya dulu, baru bicara soal calon presiden (capres)

Saya kira Giring harus berkiprah dulu ya, apakah sebagai DPR atau Kepala Daerah atau misalnya Menteri, baru bicara capres. Mau dilihat dari segi apapun Giring masih dapat dinilai jauh dari Anies, ia masih harus membuktikan dan berproses di jabatan-jabatan publik, jelas Saiful.

Artikel Asli