Aktifkan Kembali PPKM Mikro, Mendagri: Yang Tidak Jalan Akan Ditegur

Nasional | inewsid | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 06:30
Aktifkan Kembali PPKM Mikro, Mendagri: Yang Tidak Jalan Akan Ditegur

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah meminta pemda untuk mengaktifkan kembali mikro lockdown demi mencegah penularan Omicron saat libur Natal dan tahun baru 2022. Mikro lockdown ini merupakan istilah lain dari PPKM Mikro.

Seperti diketahui Indonesia sempat menerapkan PPKM Mikro sebelumnya.

"Saya sudah sampaikan kepada kepala daerah. Terutama kuncinya bupati dan wali kota supaya mereka aktifkan lagi PPKM Mikro ini," kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, Senin (27/12/2021).

Tito mengaku sudah menerjunkan tim ke daerah-daerah yang sering menjadi tujuan wisata selama periode libur Natal dan tahun baru. Di antaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, dan Lombok.

Kemendagri akan memeriksa apakah PPKM Mikro berjalan atau tidak di daerah yang diawasi tersebut. Dia mengingatkan pemda yang tidak menjalankan PPKM Mikro akan ditegur.

"Lima daerah ini prioritas akan kami awasi, apakah PPKM Mikro berjalan? Yang jalan kami berikan penghargaan, yang tidak pasti akan kami tegur," ucapnya.

PPKM Mikro ditandai dengan adanya satgas di tingkat RT dan RW yang diisi Babinsa dan Bhabinkamtibmas, termasuk tokoh-tokoh masyarakat. Satgas ini nantinya yang akan menerapkan mikro lockdown bila banyak terjadi kasus Covid-19 terutama Omicron di kawasan tersebut.

Artikel Asli