Covid-19 Terkendali saat Natal

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 06:35
Covid-19 Terkendali saat Natal

BOGOR - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto berterima kasih terhadap semua warga atas kekompakan menjaga protokol kesehatan sehingga penyebaran Covid-19 relatif terkendali saat momen Natal 2021.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami berkeliling mengunjungi saudara-saudara kami yang malam ini sedang melaksanakan ibadah Natal, memastikan seluruh rangkaian ibadah berjalan aman dan damai," kata Bima, kemarin.

Dalam kesempatan itu, Bima Arya mewakili Forkopimda Kota Bogor mengungkapkan terima kasih atas kerja sama dan kerja keras semua pihak sehingga kondisi Kota Bogor relatif terkendali dari penyebaran Covid-19 maupun pengamanan.

Bima Arya didampingi Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, Dandim 0606 Kota Bogor Kolonel Inf Roby Bulan, Dandenpom III /1 Bogor Letkol CPM Anggun Hendryantoro dan Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim.

Ia bersama rombongannya mengunjungi lima gereja, yakni GKI Pengadilan di Bogor Tengah, Gereja Katolik Santo Fransiskus Asisi di Bogor Selatan, Gereja Zebaoth di Bogor Tengah, Gereja GPIB Petra, Bogor Utara dan Gereja Katedral di Bogor Tengah. Selain itu, dilakukan juga pengecekan di Pos PAM Surya Kencana, Pos PAM Simpang BNR Bogor Selatan dan Pos PAM BORR.

Bima juga mengingatkan dan mengajak semua warga dan seluruh pihak yang berada di Kota Bogor tetap waspada, siaga dan menghindari kerumunan serta taat protokol kesehatan.

Kenaikan 50 Persen

Sementara itu, Satlantas Polres Cianjur, Jawa Barat, mencatat empat hari menjelang pergantian tahun, volume kendaraan yang melintas di Jalur Puncak-Cianjur, mengalami peningkatan yang cukup tinggi dan didominasi oleh kendaraan luar kota.

Kasatlantas Polres Cianjur AKP Mangku Anom di Cianjur, Senin (27/12), mengatakan menjelang pergantian tahun, volume kendaraan yang cukup tinggi terlihat masuk dari kawasan Puncak-Cipanas, bahkan puncak kepadatan arus diprediksi terjadi satu hari menjelang malam pergantian tahun dengan volume kenaikan hingga 50 persen.

"Untuk mengantisipasi terjadinya macet total di kawasan Puncak-Cipanas, kami akan melakukan sejumlah rekayasa arus, selain penerapan sistem ganjil genap dan penutupan jalur menuju kawasan tersebut, tanggal 31 Desember tepatnya pukul 20.00 WIB hingga 1 Januari, pukul 2.00 WIB," katanya.

Ia menjelaskan, sebelum pukul 20.00 WIB kendaraan dari luar dan dalam kota masih dapat melintas di sepanjang jalur tersebut, namun setelah lewat, pihaknya akan menutup jalur mulai dari Tugu Lampu Gentur-By Pass, Cianjur, sedangkan dari arah Bogor mulai dari pintu Tol Ciawi.

Ratusan anggota akan disiagakan sebagai upaya cepat mengurai arus lalulintas agar tidak terjadi macet total saat puncak perayaan pergantian tahun, fokus pengamanan dan penempatan anggota di sejumlah titik keramaian di kawasan Puncak-Cipanas dan dalam kota Cianjur.

Pantauan hingga Senin sore, volume kendaraan yang melintas di jalur Puncak-Cianjur, mengalami peningkatan yang cukup tinggi, bahkan antrean kendaraan terlihat di sejumlah titik menuju hotel, rumah makan dan tempat wisata, sehingga puluhan petugas disiagakan di sejumlah titik rawan macet termasuk di depan Pasar Cipanas dan pertigaan Pacet, mengantisipasi macet total.

Artikel Asli