Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan Waduk Pidekso di Wonogiri

Nasional | jawapos | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 06:29
Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan Waduk Pidekso di Wonogiri

JawaPos.com Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan Waduk Pidekso, di Desa Pidekso, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah, Selasa (28/12).

Waduk Pidekso yang dibangun sejak 2015 di Wonogiri, sudah selesai pembangunannya dan dijadwalkan diresmikan Presiden Jokowi, pada sekitar pukul 15.00 WIB. Project Manager Pembangunan Waduk Pidekso PT PP Persero Nur Eko seperti dilansir dari Antara di Wonogiri menjelaskan, selain meresmikan Waduk Pidekso Wonogiri, presiden juga rencana dijadwalkan menaburkan jenis ikan nila, gurami, dan gabus.

Pembangunan Waduk Pidekso yang memiliki kapasitas sekitar 25 juta meter kubik tersebut secara kontraktual dimulai sejak pembebasan lahan pada November 2015. Namun, akibat permasalahan lahan pembangunan infrastruktur baru dapat dimulai pada Mei 2018, terang Nur Eko.

Pembangunan Waduk Pidekso di Wonogiri tersebut dengan menghabiskan anggaran sekitar Rp 730 miliar. Seluruh infrastruktur di area waduk sudah selesai pembangunannya, pekan lalu.

Pembangunan infrastruktur tersebut, lanjut Nur Eko, meliputi tanggul bendungan, saluran pengelak atau pengalih aliran sungai, pintu utama atau spillway , pelimpah air, fasilitas umum, dan lain-lainnya. Penyelesaian proyek tersebut sesuai target.

Pembangunan waduk itu, seharusnya selesai Desember 2022, tetapi dipercepatan selama satu tahun, Desember 2021 ini. Saat ini sudah selesai dan siap diresmikan, ucap Nur Eko.

Meskipun, pembanguann waduk diimajukan satu tahun, konstruksi bangunan tetap memperhatikan mutu sehingga dijamin aman. Untuk konstruksi tetap memperhatikan teknis yang disyaratkan dan kontrol kualitas juga selalu dilakukan layer per layer .

Nur Eko menambahkan, pembangunan waduk meski sudah rampung 100 persen, pemeliharaan tetap menjadi tanggung jawab PT PP Persero selaku kotraktor. Masa pemeliharaan dengan waktu selama satu tahun.

Waduk ini, mulai diisi air, sejak Kamis (14/10) hingga Senin (27/12), tinggi permukaan air atau elevasi sudah mencapai 183 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sedangkan, batas atas elevasi air waduk tercatat 185 mdpl, ujar Nur Eko.

Artikel Asli